Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Kamis, 22 Januari 2015 - 16:45 |

Ada Anggota Baru Di MPR

Belum enam bulan MPR periode sekarang berjalan, sudah terjadi pengganti antarwaktu (PAW). Mereka yang diganti adalah Saleh Husin dari Fraksi Partai Gerindra dan Aidil Fitri Syah dari Kelompok DPD. Sedang Penggantinya adalah Ferry Kase dan Abdul Aziz. Abdul Azis dari DPD Sumatera Selatan. Saleh Husin diganti karena ia menjadi Menteri Perindustrian di Kabinet Jokowi. Mereka dari Dapil II Nusa Tenggara Timur.

Mereka secara sah, dilantik menjadi anggota MPR oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan pada 22 Januari 2015, di Ruang Delegasi, Komplek MPR/DPR/DPD, Jakarta. Saksi dalam pelantikan itu adalah para Wakil Ketua MPR yakni E. E Mangindaan, Mahyudin, Hidayat Nurwahid, dan Oesman Sapta Odang serta beberapa anggota MPR lainnya.

“Mengucapkan selamat datang dan bergabung di MPR,” ujar Zulkifli Hasan di awal-awal sambutannya. PAW menurutnya bisa dilakukan sesuai dengan Tata Tertib MPR yang ada. Dengan acara pelantikan tersebut maka mereka sudah memenuhi tata tertib sehingga sudah sah menjadi anggota MPR.

Dikatakan kepada mereka bahwa MPR merupakan lembaga perwakilan dan demokrasi. Mereka diajak merenung apakah demokrasi yang ada di Indonesia sudah berjalan sesuai dengan amanat konstitusi. Demokrasi yang ada di Indonesia adalah kedaulatan ada di tangan rakyat dan dilakukan sesuai dengan undang-undang.

Zulkifli mengakui bahwa cita-cita ideal demokrasi kita yang diamanatkan konstitusi belum dilaksanakan secara maksimal. Untuk itu dirinya mengajak kepada anggota MPR untuk memperjuangkan demokrasi seperti yang diamanatkan oleh konstitusi.

Diingatkan bahwa dalam berdemokrasi semuanya harus menjunjung kearifan. Kearifan yang dimaksud adalah komitmen melaksanakan janji-janji kebangsaan, melaksanakan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam hidup keseharian. “Itu ikhtiar kita bersama,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli juga menyinggung keberadaan alat kelengkapan MPR. Alat kelengkapan itu diharap juga bisa menunjang kinerja majelis. AW

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015