Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Jumat, 27 Mei 2016 - 20:45 |

Ahmad Muzani: Bangsa Yang Pecah Karena Dasarnya Tidak Kuat

Ahmad Muzani: Bangsa Yang Pecah Karena Dasarnya Tidak Kuat

Saat memberi materi dalam Outbond 4 Pilar MPR di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, 27 Mei 2016, anggota MPR dari Fraksi Gerindra Ahmad Muzani mengatakan bangsa Indonesia sudah merdeka sejak tahun 1945 atau berumur 70 tahun. Ditinjau dari segi umur, dibanding dengan negara-negara yang sudah ratusan tahun merdeka, umur bangsa Indonesia terbilang masih muda.

Meski demikian menurut Ahmad Muzani, dibanding dengan bangsa-bangsa di Asia, umur bangsa Indonesia terbilang sudah matang.

Sebagai bangsa yang sudah berumur 70 tahun, bangsa ini telah menempuh perjalanan yang panjang, naik turun, timbul tenggelam dan terancam pecah. Dalam proses mempertahankan kemerdekaan, bangsa ini mengalami gangguan dari dalam dan luar, seperti Agresi Militer I dan Agresi Militer II. Dari dalam ada gangguan seperti pemberontakan DI/TII, PRRI Permesta, dan Pemberontakan PKI Madiun Tahun 1948 dan Tahun 1965.

Dari semua gangguan, Ahmad Muzani bersyukur sebab semuanya bisa diatasi. Diuraikan, dalam sejarah di dunia bahwa perpecahan terjadi di sebuah bangsa karena dasar (fundamen) bangsa itu tidak kuat.

Muzani pun menguraikan Pancasila sebagai dasar negara yang disepakati oleh pendiri bangsa yang menampung semua unsur keragaman yang ada. Bangsa ini disebut tidak didirikan oleh salah satu dasar yang berdasarkan satu agama atau etnis. Ia mencontohkan negara yang berdasarkan salah satu agama mengalami konflik berkepanjangan seperti di Afghanistan dan Irlandia.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015