Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Kamis, 29 Januari 2015 - 13:50 |

Audiensi Ketua MPR RI Dengan Dubes Georgia

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, hari ini, Kamis ( 29/1 ) menerima kunjungan audiensi Duta Besar dan Berkuasa Penuh Georgia untuk Indonesia Zurab Aleksidze.  Pertenuan yang diselenggarakan di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Gedung Nusantara III, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD ini membahas seputar hubungan kedua negara dan wacana-wacana internasional.

Dalam pertemuan tersebut, kepada Ketua MPR, Zurab mengungkapkan bahwa Georgia melihat Indonesia adalah sebuah negara yang sangat potensial dan sangat penting untuk dijadikan sahabat.  Oleh karena itulah, Georgia pada tahun 2012 memutuskan untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia dan langsung membentuk kedutaan besar di Jakarta.

“Dalam kurun waktu dua tahun sampai dengan sekarang ini, kami terus tingkatkan hubungan antar dua negara dari berbagai sisi baik politik maupun perekonomian dan investasi.  Dan kami akan teruskan dengan pertalian kerjasanma antar parlemen dua negara,” ujarnya.

Merespon hal tersebut, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan sangat mengapresiasi wacana perluasan hubungan antara Indonesia dan Georgia tidak hanya hubungan antar pemerintah saja tapi juga jalin hubungan antara parlemen dua negara.  Kiprah dan peran parlemen antar dua negara menurut Zulkifli sangat penting.

Zurab sangat setuju bahwa parlemen memiliki peran sangat penting untuk sebuah negara.  Di negara Georgia, lanjut Zurab, bahkan seluruh menteri-menteri negara diharuskan untuk melaporkan kinerjanya kepada parlemen setiap tahun.

“Kerjasama antar parlemen begitu penting bagi anggota parlemen kami sebab, anggota parlemen kami sangat kekurangan informasi soal parlemen negara-negara Asia.  Dengan terjalinnya hubungan antar parlemen ini kaka parlemen kami akan bisa belajar dan mengenal parlemen Indonesia begitupun sebaliknya,” tandasnya./der

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015