Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Kamis, 10 Agustus 2017 - 19:23 |

Finalis LCC Empat Pilar MPR Sambangi DPR RI

Finalis LCC Empat Pilar MPR Sambangi DPR RI

Jakarta – Para Finalis Nasional Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI Tingkat SLTA Tahun 2017 perwakilan 34 provinsi melakukan kunjungan ke DPR RI dan diterima oleh Ketua Badan Keahlian DPR RI Johnson Rajaguguk, di Ruang Rapat KK2, Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/8).

Kepada para pelajar peserta, Johnson menerangkan secara detil fungsi DPR RI, yakni, Legislasi, Anggaran dan Pengawasan yang dijalankan sebagai representasi rakyat.  Anggota DPR RI adalah representasi suara rakyat yang disalurkan melalui pemilu kepada partai-partai poltik pilihan rakyat.

Selain tiga fungsi tersebut, masih menurut Johnson, tugas dan wewenang DPR  lainnya adalah, menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi rakyat.  Seluruh aspirasi  rakyat didengarkan dan ditampung oleh DPR yang kemudian bersama-sama dengan pemerintah membuat satu Undang-Undang untuk kepentingan rakyat.

Respon para finalis sangat luar biasa.  Beberapa finalis bahkan tak segan menanyakan beberapa hal soal parlemen bahkan lebih luas soal politik.  Antara lain pertanyaan soal, mengapa partai politik tidak disederhanakan menjadi dua seperti sistem di luar negeri sehingga tidak terlalu banyak partai.  

Peserta lain mempertanyakan seputar Parliementary Threshold (PT) yang memang menjadi bahan perbincangan panas di parlemen.  Di akhir sesi, seluruh finalis berkeliling gedung parlemen sampai ke gedung bulat atau gedung hijau yang sangat ikonik dan menjadi ciri khas gedung parlemen Indonesia.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015