Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Kamis, 10 Mei 2018 - 15:35 |

Hidayat Nur Wahid: Al Quran Bukan Sekadar Narasi

Hidayat Nur Wahid: Al Quran Bukan Sekadar Narasi

TANGERANG SELATAN - Al Quran bukan sekadar narasi. Namun, Al Quran dapat dibumikan dan melahirkan masyarakat berkeunggulan. Hal ini sudah pernah terjadi di masa lalu dan dapat dilakukan kembali di masa kini dan masa mendatang.

Demikian ditegaskan Wakil Ketua MPR RI, Dr Hidayat Nur Wahid, MA saat menyampaikan Orasi Ilmiah bertema "Membumikan Al Quran dalam Kehidupan Bermasyarakat" pada Wisuda ke-7 Kelas XII SMA IT Darul Qur'an Mulia (DQM) di Gedung Graha Widya Bakti Puspiptek, Kota Tangerang Selatan, 

Kamis (10/5/2018). Turut hadir, Pimpinan Ponpes DQM, KH Abdul Hasib Hasan, Lc dan Dr Mardani Ali Sera, M.Eng, anggota DPR RI sekaligus wali santri.

"Ini sudah pernah terjadi di masa Rasulullah. Beliau berhasil melahirkan masyarakat berkeunggulan dengan penerapan nilai-nilai Al Quran di semua sendi kehidupan di masa itu," papar Hidayat.

Ketika itu, lanjut Hidayat, Rasulullah Muhammad SAW memperlihatkan keunggulan pada pribadinya yang menerapkan nilai-nilai Al Quran. Dengan keunggulan itu, masyarakat saat ini mengikuti langkah beliau.

Hidayat menambahkan, hal serupa terlihat pada sejarah menyebarnya Islam di bumi Nusantara. Ketika itu, Islam masuk bukan dengan peperangan dan kekuatan pedang.

"Dulu, Islam tersebar di bumi Nusantara melalui keunggulan akhlak, kepiawaian sebagai pedagang, tokoh masyarakat dan kemampuan berdiplomasi dengan penguasa  dan lain-lain. Bukan dengan pedang," tandas Hidayat.

Di era milenial ini, Hidayat berpesan kepada para wisudawan, agar memiliki keunggulan-keunggulan yang dilandasi oleh nilai-nilai Al Quran sebagaimana dicontohkan Rasulullah dan para ulama pewarisnya.

"Al Quran akan membumi melalui nilai-nilainya yang diamalkan, menjadi akhlak dan teladan," tutur Hidayat.

Hidayat mencontohkan pada keunggulan yang dimiliki oleh bintang sepakbola Liverpool, Mohamed Salah yang terkenal dengan selebrasi sujud syukurnya. Nilai-nilai Islam seperti kesyukuran dan ketaatan beribadah pun jadi tersebar melalui keunggulan yg dimiliki Salah di bidang sepakbola.

"Maka milikilah keunggulan dalam bidang apa saja. Amalkan nilai-nilai Al Quran dan kalian akan menyebarkannya dengan keunggulan yang kalian miliki," pesan Hidayat.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015