Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Jumat, 20 April 2018 - 07:20 |

Hidayat Nur Wahid: Kedaulatan Rakyat Jangan Disia-siakan

Hidayat Nur Wahid: Kedaulatan Rakyat Jangan Disia-siakan

Dalam tahun politik ini rakyat perlu diingatkan dengan kedaulatan yang dimilikinya. Rakyat agar tidak menyia-nyiakan kedaulatan yang dimilikinya, misalnya dengan tidak menggunakan hak pilih atau Golput.

Demikian disampaikan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dalam sosialisasi Empat Pilar MPR kepada sekitar 800 warga masyarakat kota Madiun, di Hotel Merdeka Madiun, Kamis malam (19/4/2018). Sosialisasi ini merupakan kerjasama MPR dan Yayasan Bina Insan Muslim. Narasumber sosialisasi ini Ir Sigit Sosiantomo, anggota MPR Fraksi PKS yang juga Wakil Ketua Komisi V DPR.

Menurut Hidayat, kedaulatan rakyat ini penting untuk disampaikan terkait dengan tahun politik. "Dengan mengingatkan kedaulatan rakyat pada tahun politik ini maka rakyat seharusnya bisa menggunakan hak pilih mereka," kata politisi PKS ini.

Dalam sosialisasi ini Hidayat mengingatkan agar rakyat tidak membuat mubazir atau menyia-nyiakan kedaulatan yang dimilikinya. Misalnya menjadi Golput. Sebab menjadi Golput tidak menyelesaikan masalah.

Selain itu, kalau rakyat menggunakan hak pilihnya maka gunakan sesuai akal sehat dan hati nurani. Karena itu Hidayat meminta seluruh pihak untuk menjaga agar kedaulatan rakyat ini tidak dirampok atau dimanipulasi dengan intimidasi dan money politik.

"Sebab kedaulatan rakyat ini ada di UUD. Karena itu di tahun politik ini agar kedaulatan rakyat bisa dijalankan dengan baik," katanya.

Dengan kedaulatan yang dimilikinya, lanjut Hidayat, rakyat juga diingatkan bahwa mereka yang menentukan masa depan Indonesia baik dalam kontek Pilkada, Pileg, maupun Pilpres. 

"Rakyat bisa menjadi bagian yang memotong lingkaran setan pesimisme, korupsi, penyalahgunaan kewenangan. (Lingkaran setan) Itu bisa terjadi ketika mereka terpilih dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan prinsip kedaulatan rakyat," paparnya. 

"Kalau rakyat ingin melakukan perubahan maka inilah saatnya ketika mereka sadar bahwa hak pilih merupakan kedaulatan yang diberikan oleh UUD," sambungnya.

Pada bagian lain Hidayat mengapresiasi warga Madiun yang antusias mengikuti sosialisasi Empat Pilar MPR. Ini menunjukkan bahwa mereka masih mencintai Indonesia. "Ini menjadi modal yang harus terus dirawat," katanya.

Hidayat juga berharap pimpinan lembaga lain ikut menjadi bagian untuk merawat Empat Pilar ini. "Dengan cara menjadi teladan. Paling tidak jangan membuat keputusan atau kebijakan yang bertentangan dengan Pancasila, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," pungkasnya.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015