Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Jumat, 01 Desember 2017 - 22:36 |

HNW: Umat Islam Harus Berperan Mengisi Kemerdekaan

HNW: Umat Islam Harus Berperan Mengisi Kemerdekaan

Saat memberi Sosialisasi Empat Pilar kepada organisasi kepanduan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 1 Desember 2017, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menyebut politisi dan tokoh umat Islam yang berperan dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan. Tokoh itu seperti Mohammad Natsir, Mohammad Roem, Syafruddin Prawiranegara, Agus Salim, Wachid Hasyim, Kasman Singodimedjo, dan Ki Bagus Hadikusumo.

"Mereka tokoh-tokoh bernas yang berperan penting dalam menyusun dasar negara, konstitusi, dan mempertahankan NKRI," ujar HNW.

Berdasarkan fakta sejarah maka dia menyebut besarnya peran politisi dan tokoh umat Islam dalam masalah kebangsaan dan kenegaraan. HNW mengajak umat Islam untuk terus melanjutkan perjuangan mereka. "Umat Islam harus berperan dalam mengisi kemerdekaan," ujarnya. "Kita harus berperan dalam bidang politik, birokrat, dan bidang lainnya," paparnya.

Dalam mengisi kemerdekaan, HNW berharap, umat Islam tidak melakukan sikap 'asal bapak senang' dalam pembangunan. Dia mengatakan, umat Islam harus sayang kepada Indonesia. Maksud kata sayang, kata HNW, adalah bukan seperti sayang kepada seseorang lalu membiarkan apa yang ia maui, namun harus mengingatkan bila menyimpang. 

"Kita ingatkan bila ada yang salah," ujarnya. "Mengingatkan bila ada yang salah, inilah bentuk kita sayang pada Indonesia," tambahnya.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015