Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Minggu, 14 Juni 2015 - 22:54 |

Indonesia Adalah Negara Yang Sangat Kaya

Indonesia Adalah Negara Yang Sangat Kaya

Indonesia adalah negara yang sangat besar. Mulai dari jumlah penduduk, luas wilayah, sumber daya alam hingga seni budaya dan adat istiadatnya. Dilihat dari Jumlah penduduknya, penduduk Indonesia  merupakan yang keempat terbesar didunia, setelah Cina, India, dan Amerika. 

Dari sekitar 250 juta penduduk Indonesia,  itu terdapat perbedaan yang sangat mencolok dalam tata cara berbusana. Dari ujung paling barat Indonesia, yaitu provinsi Aceh,  masyarakat disana, khususnya kaum perempuan  terbiasa memakai hijab, sebagian diantaranya bahkan menggunakan cadar.  Sementara di wilayah paling Timur, yaitu di Papua sebagian masyarakatnya masih mengenakan pakaian tradisional yang nyaris telanjang, dan hanya ditutup lembaran kain saja. 

Pernyataan itu disampaikan Elnino M. Husein Mohi, ST, M.Si pimpinan Fraksi Partai Gerindra MPR RI ketika menyampaikan materi NKRI, Bhineka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR pada 

 Sosialisasi dengan metode outbound,  di Balikpapan,  pada Sabtu  (13/6). Juga menjadi pemberi materi pada sesi tersebut H. M. Syafrudin ST, MM Fraksi PAN. 

Kondisi itu menurut Elnino menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia memang negara yang sangat besar. Belum lagi kalau dilihat dari sumber daya alam yang dimiliki bangsa Indonesia, tentu orang akan semakin bingung menghitungnya. 

"Di Nepal, untuk melihat laut mereka harus pergi luar negeri. Sementara di Indonesia, jangankan laut, salju dan padang pasir pun kita miliki. Mana ada negara yang memiliki tiga zona waktu sekaligus seperti Indonesia", kata Elnino menambahkan. 

Karena itu menrut Elnino setiap masyarakat harus terlibat aktif dalam upaya menjaga dan melestarikan kekayaan Indonesia. Jangan sampai kekayaan tersebut rusak, dan tidak memberikan keuntungan apapun bagi bangsa Indonesia. Salah satunya adalah dengan memupuk persatuan dan kesatuan. 

"Seni budaya kita merupakan sumber pendapatan yang sangat besar bagi masyarakat. Asal, kekayaan tersebut tetap terjaga, dan bisa diberdayakan dengan baik", kata Elnino lagi. 

Karena itu Elnino berharap, seluruh peserta outbound bisa tetap saling berkomunikasi, termasuk setelah acara  Sosialisasi dengan metode outbound,  itu berakhir.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015