Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Selasa, 22 Agustus 2017 - 17:22 |

Insiden Bendera Merah Putih Terbalik, Mahyudin: Itu Unsur Kelalaian, Panitianya Harus Disorot

Insiden Bendera Merah Putih Terbalik, Mahyudin: Itu Unsur Kelalaian, Panitianya Harus Disorot

Bogor - Wakil Ketua MPR Mahyudin meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia agar menahan diri dari insiden bendera merah putih terbalik di buku panduan Sea Games 2017 yang digelar di Malaysia. Mahyudin berharap agar masyarakat Indonesia lebih dewasa, tunjukkan kedewasaan bangsa Indonesia dengan tidak membuat hal serupa atau membalas.

Mahyudin tidak menyebut insiden tersebut sebagai suatu unsur kesengajaan. Ia menilai insiden tersebut murni akibat kelalaian dari pihak panitia Sea Games 2017 Malaysian Organizing Comittee (MASOC).

"Itu menunjukkan bahwa panitianya tidak cukup cerdas dan lalai ya," katanya, usai membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR, di Universitas Pakuan, Bogor, Selasa (22/8).

Diakui Mahyudin, insiden tersebut memang sangat mengecewakan apalagi menyangkut soal lambang negara. Mahyudin menilai Indonesia bisa lebih baik dari Malaysia. 

"Kalau kita yang selengarakan kita bisa lebih baik dari Malaysia, menurut saya," selorohnya.

Tak lama setelah insiden itu, pemerintah Malaysia telah meminta maaf kepada Indonesia melalui pernyataan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin. Dengan adanya permintaan maaf ini, Mahyudin meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak "baper"/terbawa perasaan lagi.

"Saya sekali katakan, itu adalah faktor kelalaian, tidak usah  terlalu ditanggapi berlebihan.  Apalagi  pemerintah Malaysia sudah minta maaf melalui Menporanya," tandasnya.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015