Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Kamis, 10 Mei 2018 - 17:05 |

Kesultanan Melayu Sintang Beri Gelar Petinggi Agung Pada Cak Imin

Kesultanan Melayu Sintang Beri Gelar Petinggi Agung Pada Cak Imin

Kamis, 10 Mei 2018, di Istana Al Muqarammah,  Kesultanan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, terjadi prosesi agama, adat, dan budaya. Sultan Sintang Kesuma Negara V dan para pangeran terlihat sibuk dalam acara yang digelar di Balai Perangin-Angin itu.
Masyarakat di sekitar Keraton pun ikut memeriahkan acara yang dimulai sejak pagi itu.
Hajatan besar yang digelar oleh Kesultanan yang berdiri pada Abad IV itu dalam rangka pemberian anugerah gelar kehormatan dari Kesultanan Sintang kepada Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar.
Mendapat gelar 'Datuk Petinggi Agung Mangku Benoa, Muhaimin Iskandar mengucapkan terima kasih kepada Sultan Sintang yang telah memberi gelar kehormatan. "Dengan gelar ini menjadi amanah bagi saya untuk ikut menjaga Kesultanan Sintang," ujar pria yang akrab dipanggil Cak Imin itu. "Saya dan seluruh keluarga  merasa bangga dan berterima kasih atas acara yang digelar," tambahnya.
Dalam sambutan, Cak Imin menyebut Kesultanan Sintang memiliki khasanah adat, budaya, dan tradisi serta pengalaman sejarah yang memberi inspirasi dan semangat untuk mengabdi pada NKRI. "Kalau dirunut dari sejarah, Kesultanan Sintang merupakan salah satu kesultanan yang membentuk NKRI," ungkapnya.
Cak Imin menyakini banyak pihak yang belum mengetahui bahwa lambang negara Garuda Pancasila, inspirasinya adalah dari lambang Kesultanan Sintang. "Dari sinilah anak negeri perlu diingatkan sejarah lambang Garuda Pancasila berasal dari Sintang," paparnya. Lambang Garuda Pancasila pun secara resmi telah ditetapkan menjadi lambang negara Indonesia. Menurut Cak Imin, bangsa Indonesia berhutang budi pada Kesultanan Sintang. "Kita berhutang budi dan selayaknya pemerintah memperhatikan keberadaan Kesultanan Sintang," tegasnya. 
Cak Imin dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada Kesultanan Sintang sebab kesultanan itu ikut membangun karakter kepribadian bangsa. "Mari kita teruskan nilai-nilai Kesultanan Sintang," tegasnya.
Sultan Sintang dalam sambutan memaparkan, gelar diberikan kepada Cak Imin sebab menurutnya pria asal Jombang, Jawa Timur, itu telah berjasa kepada bangsa dan negara. Disebut Cak Imin mampu menjaga nilai-nilai luhur bangsa. "Untuk itu kita menitipkan Pancasila agar nilai-nilainya berakar dan hidup di tengah masyarakat," harapnya.
Bupati Sintang, Djarot Winarno, dalam sambutan mengucapkan selamat atas anugrah gelar kehormatan yang diterima Cak Imin. "Dengan gelar itu maka Cak Imin menjadi keluarga orang Sintang," ujarnya. "Kita berbangga atas gelar anugerah ini," tambahnya.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015