Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Senin, 09 Januari 2017 - 16:30 |

Ketua MPR Ajak Anggota ISI Masuk Dunia Politik

Ketua MPR Ajak Anggota ISI Masuk Dunia Politik

Ketua MPR Zukifli Hasan mengajak anggota Ikatan Sekretaris Indonesia (ISI) untuk masuk dunia politik. Anggota ISI yang mayoritas perempuan memiliki peluang karena kuota 30 persen perempuan dalam daftar calon legislatif (caleg).

"Kuota perempuan adalah 30 persen. Satu dari tiga urutan pertama calon legislatif harus perempuan. Perempuan punya peluang," kata Zulkifli Hasan ketika menerima pengurus ISI yang dipimpin Ketua Umum ISI Yenna Sri Mardiana, di ruang kerja Ketua MPR, Gedung Nusantara III Lantai 9 Komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Senin 9 Januari 2017. 

Selama ini sekretaris tidak tertarik masuk dunia politik. Anggota dewan yang berasal dari profesi sekretaris sangat langka. Karena itu Zulkifli Hasan mengajak para sekretaris untuk masuk dunia politik. Apalagi terbuka peluang karena kuota 30 persen perempuan untuk calon legislatif.

"Nanti saya ajarkan supaya bisa terpilih (menjadi anggota legislatif) dengan biaya yang murah," katanya. Ajakan Zulkifli Hasan langsung disambut pengurus ISI yang hadir dalam pertemuan itu. Beberapa di antaranya langsung mengajukan diri dengan menyerahkan kartu nama.

Dalam pertemuan ini, ISI mengundang Ketua MPR untuk berbicara di depan anggota ISI dalam musyawarah nasional (Munas) ISI pada April 2017. Selain pemilihan ketua umum baru, Munas juga membahas perubahan AD/ART ISI. Tema Munas ISI adalah Membangun Infrastruktur Sekretaris. 

Yenna Sri Mardiana mengungkapkan Ikatan Sekretaris Indonesia (ISI) memiliki 14 cabang di Indonesia. ISI juga tergabung dalam asosiasi sekretaris Asia Pasifik yang beranggota 18 negara. Dalam kegiatannya ISI bekerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta seperti mengadakan training untuk sekretaris. 

Selain itu ISI juga bekerjasama dengan SMK untuk memberikan edukasi agar lulusan SMK bisa siap pakai. Edukasi ini sudah dilaksanakan di beberapa tempat seperti di Makassar, Rangkasbitung, dan lainnya.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015