Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Senin, 13 Februari 2017 - 17:00 |

Ketua MPR: Generasi Muda Akan Menghadapi Tantangan Besar

Ketua MPR: Generasi Muda Akan Menghadapi Tantangan Besar

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan  mengingatkan, para pemuda akan menghadapi pertarungan bebas, diera pasar bebas. Karena  pada era pasar bebas, warga negara asing bebas masuk ke Indonesia. Mereka juga bebas menjalankan usahanya untuk mendapatkan keuntungan.  Karena itu setiap warga negara harus berjuang keras, agar bisa memenangkan persaingan. 

Kalau tidak, niscaya Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa kuli seperti yang pernah disampaikan Bung Karno. Karena itu, para pemuda harus bisa menguasai ilmu pengetahuan. Pemuda  juga harus menguasai ekonomi, dengan jalan menjadi pengusaha. Tidak melulu ingin menjadi pegawai negeri, atau guru saja. 

Pernyataan itu disampaikan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat menerima delegasi Sekolah Politik Kerakyatan, angkatan ke 3 tahun 2017. Acara tersebut berlangsung di ruang GBHN MPR, pada Senin (13/2). 

Selain ilmu pengetahuan dan ekonomi, kata Zulkifli, generasi muda juga harus mengetahui soal politik.  Karena dunia politik dapat  menentukan arah Indonesia dalam 5, 10, 15 hingga 50 tahun yang akan datang. Karena itu, masyarakat juga harus mengetahui  partai politik, dan siapa saja orang-orang yang ada dibelakangnya. 

"Ketua MPR dan rakyat memiliki suara yang sama,  sama-sama mempunyai  satu suara. Karena itu jangan mau menukarkan hak suaranya hanya dengan sarung, sembako atau uang Rp. 50 ribu. Tentukan pilihan, dengan memakai akal sehat", kata Zulkifli menambahkan.  

Saat ini kata Zulkifli, reformasi sudah memberikan berbagai kemajuan. Tetapi ada juga kekurangan yang muncul selama 19 tahun reformasi. Salah satunya adalah kesenjangan. Reformasi juga menyebabkan persatuan kebangsaan makin memudar. Karena itu, Ketua MPR mengajak generasi muda untuk kembali kepada jati diri bangsa Indonesia. Sebagaimana yang terdapat dalam Empat Pilar MPR RI.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015