Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Jumat, 05 Mei 2017 - 18:08 |

Ketua MPR: Pendidikan Kunci Menangkan Persaingan

Ketua MPR: Pendidikan Kunci Menangkan Persaingan

Ukuran perbedaan kemajuan dan kesejahtetaan suatu bangsa bukan hanya dari kekayaan sumber daya alamnya, melainkan yang paling utama adalah sumber daya manusianya yang berhubungan erat dengan kualitas pendidikan. 

Contoh, Singapura dengan luas negara yang kecil dan miskin sumber daya alam namun menjadi satu negara modern dengan tingkat kemajuan dan kesejahtetaan rakyatnya yang sangat tinggi.  

"Indonesia yang merupakan negara sangat luas dengan kekayaan sumber daya alamnya yang luar biasa tapi tingkat kemajuannya masih dibawah Singapura? Itulah kenapa pendidikan sangat penting," ujarnya.

Hal tersebut diungkapkan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dihadapan Ratusan Alumnus SMA Kebangsaan dalam acara Prasetya Alumni Angkatan II SMA Kebangsaan, di aula SMA Kebangsaan Kalianda, Lampung Selatan, Jumat (5/5).

"Bahkan satu penelitian ilmuwan dunia menyampaikan bahwa orang hebat itu yang menguasai ilmu pengetahuan. Menusia bisa hebat karena menguasai ilmu pengetahuan dan daya saing tinggi.  Dalam Islampun, Rasulullah mengajarkan tentang pentingnya menimba ilmu," kata Zulkifli Hasan melanjutkan. 

Melihat fakta tersebut, generasi muda Indonesia harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi agar bisa memiliki daya saing tinggi dalam menghadapi era tarung bebas global di jaman ini dan masa yang akan datang.

"Karena semua bergantung kepada pendidikan maka kualitas sekolah dan kurikulum pendidikan harus diperhatikan juga kualitas pengajar atau pendidik harus diperhatikan pula," tandasnya.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Lampung Selatan Zainuddin Hasan, Forkompimda Lampung Selatan dan pengurus Yayasan Insan Cendekia Kalianda Lampung Indonesia. 

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015