Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Rabu, 29 Maret 2017 - 13:06 |

Mahyudin: Kesenjangan Adalah Ancaman Bagi Keutuhan NKRI

Mahyudin: Kesenjangan Adalah Ancaman Bagi Keutuhan NKRI

Dihadapan peserta sosialisasi Empat pilar MPR RI yang berlangsung di gedung pendopo Kabuparen Pacitan Jawa rimur, Rabu (29/3) Wakil Ketua MPR RI, Mahyudin S.T.,  M.M., mengingatkan bahayanya kesenjangan yang terjadi di Indonesia. Bila tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin keutuhan NKRI akan tercabik. 

Ancaman terhadap keutuhan NKRI, yang diakibatkan disparitas kesejahteraan, itu kata Mahyudin  sudah terlihat sejak lama. Munculnya Gerakan Aceh merdeka (GAM) di Provinsi Aceh, dan Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Papua menjadi bukti munculnya kekecewaan akibat kesenjangan diantara jawa dan luar jawa. 

Karena itu, Mahyudin mengapresiasi kinerja Presiden Joko Widodo yang melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di luar jawa, dan membangun Indonesia dimulai dari luar jawa. 

"Saya sering melakukan sosialisasi di luar jawa. Sebagaian masyarakat di sana bilang mereka tidak butuh sosialisasi, yang mereka butuhkan adalah pembangunan agar bisa menyusul ketertinggalannya dari pulau jawa", kata Mahyudin menambahkan.  

Untuk mengurangi kesenjangan, Wakil Ketua MPR mendukung upaya pemerintah melakukan penyamaan harga kebutuhan di Papua dengan daerah lain. 

"Saat ini harga BBM di  Papua sudah sama dengan jawa, mudah-mudahan,  harga semen di Papua juga bisa segera disamakan dengan daerah lain", kata Mahyudin penuh harap.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015