Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Kamis, 27 April 2017 - 18:35 |

Mahyudin: Pancasila Alat Perekat Kita

Mahyudin: Pancasila Alat Perekat Kita

Kenapa MPR getol melakukan Sosialisasi Empat MPR? Itulah sebuah pertanyaan dilontarkan oleh Wakil Ketua MPR RI, H. Mahyudin, S.T., M.M., ketika menyampaikan sambutan dan membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR di Gedung KONI Provinsi Kalimantan Tengah di Palangkaraya, Kamis pagi (27/4/2017). Pertanyan itu dijawab sendiri oleh Mahyudin, karena semangatnya ingin mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita banggakan ini.

Sosialisasi yang diselenggarakan oleh MPR bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Acara ini diikuti 400 peserta, terdiri dari para mahasiswa Universitas Muhammadiyah dan pengurus BEM dari berbagai perguruan tinggi di Kalimanta Tengah. 

Mahyudin mengingatkan bahwa selama 72 tahun Indonesia mereka, Indonesia tak pernah sepi dari rongrongan. Dulu ada gerakan Permesta, DI/TII, RMS di Malaku, Gerakan Aceh Merdeka yang kini sudah selesai, dan puncaknya gerakan untuk mengganti ideologi negara Pancasila, yaitu G 30 S/ PKl. 

Bahkan sekarang pun masih ada yang menggelorakan ideologi komunis, meski sudah ada Ketetapan MPR No. XXV Tahun 1966 tentang Larangan Penyebaran Ideolgi Komunis. Buktinya, simbol palu arit muncul di mana-nama, dan di kaca-kaca mobil ditempel lambang partai terlarang itu.

Walau pun terus-menerus mendapat rongrongan, tapi ideologi Pancasila yang digali dari nilai-nilai budaya bangsa Indonesia ini tetap bertahan. Menurut Mahyudin, Bung Karno, presiden pertama Indonesia, pernah menawarkan Pancasila menjadi ideologi dunia. Karena, Pancasila dianggap ideologi jalan tengah yang mampu mempersatukan bangsa.

"Jadi, Pancasila itu adalah alat perekat kita," ungkap Mahyudin. Pancasila untuk menangkal paham-paham yang ingin memecah belah Indonesia atau paham-paham yang ingin mengganti ideologi bangsa kita," katanya.

Hadir dalam acara sosialisasi ini: anggota MPR dapil Kalimantan Tengah Agati Sulie Mahyudin, S.E.; anggota MPR Fraksi PAN Hang Ali Saputra Syah Pahan; Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Dr. H. Supardi, M.Pd.; dan pejabat mewakili Gubernur Kalteng, dalam hal ini Kepala Kesbangpol, Drs. Berlin Swal.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015