Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Kamis, 08 Maret 2018 - 11:45 |

Masyarakat Terus Berubah, Ali Taher : MPR Harus Melakukan Sosialisasi Secara Masif

Masyarakat Terus Berubah, Ali Taher : MPR Harus Melakukan Sosialisasi Secara Masif

Saat ini, Sosialisasi Empat Pilar yang dilaksanakan MPR RI menjadi sangat penting karena  terjadinya sejumlah pergeseran dimasyarakat. Antara lain, penyempitan pandangan yang dialami umat  beragama. Seolah-olah, agama hanya sebatas simbol-simbol saja. Dan saat simbol itu terciderai, maka pemeluknya langsung bersikap emosional.

“Yang kedua adalah munculnya aliran budaya dalam masyarakat beragama, sehingga memunculkan perbedaan, baik di internal masyarakat yang sama, maupun dengan antar umat beragama”, kata anggota MPR RI Fraksi PAN usai memberikan Sosialisasi Empat pilar MPR, dihadapan keluarga besar Muhammadiyah Wilayah Sumatera Selatan. Acara tersebut berlangsung di Auditorium Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumsel, di Palembang, Rabu (7/3). 

Alasan ketiga yang membuat sosialisasi makin penting, adalah munculnya fanatisme kedaerahan yang berlebihan, sehingga muncul perdebatan tentang putra daerah dan non putra daerah. Sedangkan yang keempat adalah, Krisis penegakan hukum, yang menyebabkan wajah hukum  dan idealisme hukum tidak terlihat. 

“Dan yang kelima adalah, kesenjangan yang semakin lebar, sehingga menumbuhkan kecemburuan sosial yang sangat besar”, kata Ali Taher menambahkan. 

Karena itu, Ali Taher berharap MPR makin masif dalam melaksanakan sosialisasi empat pilar, agar menjangkau masyarakat luas. Dengan cara  itu diharapkan, persatuan yang sempat tercabik bisa dipertahankan. 

Pada saat yang sama, pemerintah juga harus berupaya keras, mengurangi kesenjangan yang terjadi selama ini. Pemerintah bisa tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur, tapi jangan lupa membangun kesejahteraan masyarakat.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015