Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Senin, 09 Januari 2017 - 16:30 |

MPR Diminta Jaga Ruh Konstitusi

MPR Diminta Jaga Ruh Konstitusi

Badan Musyawarah Antar Gereja - Lembaga Keagamaan Kristen (Bamag - LKK) Indonesia meminta Ketua MPR untuk menjaga ruh konstitusi yang sarat dengan nilai-nilai luhur bangsa. Sebab MPR adalah lembaga yang mempunyai kewenangan untuk menjaga konstitusi itu.

Harapan itu disampaikan Ketua Umum Bamag LKK Indonesia, Ir. Agus Susanto didampingi para pendeta dalam pertemuan dengan Ketua MPR Zulkifli Hasan di Ruang Kerja Ketua MPR Gedung Nusantara III lantai 9 Komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Senin 9 Januari 2017.

Dalam pertemuan itu dibahas persoalan keIndonesiaan. Bamag LKK Indonesia mengungkapkan kekhawatirannnya terhadap situasi ke-Indonesia-an saat ini. Ada tiga hal yang disampaikan Bamag LKK Indonesia. "Pertama, sekarang ini masyarakat kita senang dengan kebohongan. Ini membuat para pendeta di daerah-daerah merasa khawatir," kata Agus Susanto.

Kedua, lanjut Agus Susanto, akhir-akhir ini ke-Indonesia-an sedang diuji. "Kita takut mengalami apa yang terjadi di Uni Soviet, Yugoslavia yang terpecah," ujarnya.

Ketiga, para pendeta merasa kehilangan informasi berkaitan dengan konstitusi dan ke-Indonesia-an. "Karena itu Bamag LKK Indonesia mengundang Ketua MPR untuk menjelaskan konstitusi kepada para pendeta se-Indonesia," kata Agus Susanto.

Menghadapi persoalan ke-Indonesia-an itu Agus Susanto mengharapkan Ketua MPR menjaga ruh konstitusi yang sarat dengan nilai luhur bangsa. "MPR agar bisa menjaga ruh konstitusi," pinta Agus Susanto.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan untuk menjaga konstitusi dan ke-Indonesia-an itu MPR melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR. Sebab, setelah 18 tahun reformasi ini masyarakat meninggalkan nilai-nilai luhur bangsa.

"Saat ini kita sudah masuk pada liberalisme, individualisme, dan pragmatisme. Akibatnya terjadi kesenjangan antar daerah, antar individu," kata Zulkifli.

Lebih lanjut Zulkifli mengungkapkan nilai-nilai luhur seperti kekeluargaan, kebersamaan dan cinta kasih sudah tidak dipakai. Penataran P4 dihilangkan. Pendidikan Pancasila di sekolah dihapus. BP7 dihapua. "Nilai-nilai luhur hilang diganti dengan apa yang kita saksikan di media sosial sekarang ini. Itulah masalah kita," tuturnya.

Karena itu, tambah Zulkifli, perlu lembaga seperti BP7 untuk membangun karakter bangsa. "Presiden sudah menyetujui usul MPR untuk membentuk unit kerja pemantapan ideologi Pancasila. Dengan lembaga ini kita membangun karakter dan keIndonesiaan kita," ucapnya.

Badan Musyawarah Antar Gereja - Lembaga Keagamaan Kristen (Bamag-LKK Indonesia) merupakan organisasi kekristenan yang mewakili gereja dan umat kristen di daerah-daerah se-Indonesia. Organisasi yang terdiri dari berbagai aliran dalam kristen ini baru dibentuk dua tahun lalu.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015