Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Rabu, 31 Mei 2017 - 17:50 |

MPR RI Gelar Konferensi Nasional Etika Kehidupan Berbangsa

MPR RI Gelar Konferensi Nasional Etika Kehidupan Berbangsa

Jakarta – Dalam rangkaian Peringatan Pekan Pancasila dalam rangka Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2017, Majelis Permusyawaratan Rakyat  Republik Indonesia (MPR RI) menyelenggarakan Konferensi Nasional Etika Kehidupan Bernegara. 

Konferensi dilaksanakan di gedung Nusantara IV Senayan, Jakarta, Rabu (31/5) .

Konferensi Nasional Etika Kehidupan Berbangsa merupakan program kegiatan hasil kerjasama tiga lembaga negara yaitu MPR, Komisi Yudisial (KY) dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu).  

Ketiga Ketua lembaga negara yaitu, Ketua MPR RI Dr. (HC) Zulkifli Hasan, SE, MM,  Ketua KY Prof. Aidul Fitriciada Azhari dan Ketua DKPP Prof. Jimly Asshidiqie hadir dan memberikan sambutan.  

Dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi Konferensi Nasional, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan bahwa forum kegiatan ini digelar dalam rangka mencari formula kebijakan agar etika kehidupan berbangsa dan bernegara dapat diimplementasikan dalam praktek ketatanegaraan Indonesia.

“Pancasila sebagai ideologi negara, pandangan hidup rakyat Indonesia tidak boleh berhenti menjadi sistem nilai yang bersifat filosofis, tetapi harus pula diterjemahkan sebagai sistem etika dan sistem tindakan," katanya.

Zulkifli Hasan menjelaskan, Konferensi ini sendiri dilaksanakan dengan tujuan untuk, mendapatkan masukan mengenai arah kebijakan yang perlu diambil dalam rangka mengimplementasikan Etika Kehidupan Berbangsa. 

"Semoga ada banyak masukan mengenai kaidah pelaksanaan untuk internalisasi dan sosialisasi Etika Kehidupan Berbangsa dan langkah-langkah yang diperlukan dalam penegakan Etika Kehidupan Berbangsa," tandasnya.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015