Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Rabu, 12 April 2017 - 15:15 |

Orasi Kebangsaan Di Unkris, Ketua MPR Ingatkan Trisakti Bung Karno

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyampaikan Orasi Kebangsaan pada acara Lustrum ke-13, Dies Natalis ke-65, Wisuda ke-54 dan Pasca Sarjana ke-18 Universitas Krisnadwipayana (Unkris) di Kampus Unkris Jatiwaringin, Rabu (12/4).

Dalam Orasinya, Ketua MPR menyampaikan pentingnya menegakkan kedaulatan sesuai amanat sila ke-3 Pancasila yakni Persatuan Indonesia.

"Sila ke-3 itu jelas isinya tentang nasionalisme dan bagaimana rakyat Indonesia menjadi tuan di negerinya sendiri."  

Selain kedaulatan, Zulkifli Hasan juga menyinggung semakin lunturnya nilai nilai luhur ke Indonesiaan dan persaudaran kebangsaan. 

"Padahal menurut Acemoglu dan Adam Smith, suatu bangsa bisa maju kalau memiliki nilai nilai saling percaya, saling menghormati dan saling menghargai." 

Menghadapi situasi kebangsaan hari hari ini, Zulkifli Hasan mengajak civitas academica Unkris untuk mengingat kembali pesan Bung Karno dalam Trisakti.

"Pesan Bung Karno jelas dan tegas Berdaulat di Bidang Politik, Berdikari di Bidang Ekonomi dan Berkepribadian secara sosial budaya. Ini nilai nilai asli Indonesia." 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua MPR yang juga alumni Unkris ini mengingatkan agar para wisudawan berjuang keras dan fokus dalam mencapai cita-cita. 

"Kalau dulu kuliah kami dengan fasilitas seadanya bisa jadi menteri dan Ketua MPR, saya yakin dengan kerja keras teman teman bisa lebih baik." 

Ikut hadir pada acara tersebut Ketua Dewan Pembina Univ Unkris Prof. Dr. Gayus Lumbun, Ketua Dewan Pengurus  Iman Santoso,  Kopertis Wilayah III Budi Pancasilawan,  serta Rektor Unkris Dr. Abdul Rifai S.E., M.Si.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015