Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Sabtu, 17 Februari 2018 - 19:40 |

Oso: Kami Rindu Nasionalisme Dalam Keragaman

Oso: Kami Rindu Nasionalisme Dalam Keragaman

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta mengungkapkan kerinduan nasionalisme yang dibangun atas keragamam asal usul, suku, budaya.

"Itulah yang kita rindu sekarang ini," kata Wakil Ketua MPR Oesman Sapta dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR kerjasama MPR dengan perguruan tinggi Mitra Lampung di Gedung Graha Surya, Bandar Lampung, Sabtu (17/2/2018). 

Oesman Sapta memberi contoh daerah Lampung. Pembangunan di daerah Lampung tidak lepas dari para pendatang. "Banyak pendatang yang datang ke daerah Lampung. Para pendatang itu pun membangun nasionalisme," kata pria yang kerap disapa Oso ini.

Dengan kedatangan para pendatang di Lampung maka terdapat keragaman asal usul, budaya, dan suku di daerah Lampung. "(Nasionalisme) inilah yang kita rindu karena keragaman asal usul, budaya, suku," kata Oso.

Kepada lebih dari 500 peserta sosialisasi Empat Pilar, Oso juga mengingatkan ancaman dan bahaya narkoba dari luar. "Kita sedang mengalami ancaman dari luar. Mereka ingin menguasai ekonomi kita. Mereka juga mencoba mengubah aturan sehingga menguntungkan mereka sebagai investor," jelas Oso.

Namun, Oso mengatakan upaya pihak luar itu tidak terlalu berhasil. Maka pihak luar menggunakan narkoba. "Karena tidak mempan, mereka memasukan narkoba. Mereka memasukkan berton-ton narkoba untuk merusak anak muda kita," kata Oso.

Untuk menghadapi ancaman dari luar itu, Oso melihat bahwa sosialisasi Empat Pilar MPR menjadi benteng terakhir. "Petahanan terakhir kita adalah (sosialisasi) Empat Pilar ini yaitu Pancasila, UUD NRI tahun1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," ucapnya.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015