Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Senin, 30 Januari 2017 - 15:35 |

Oso: Kerjasama Dengan Maroko Harus Ditingkatkan

Pada senin (30/1), ini Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta mengadakan pertemuan marathon dengan para  tamunya. Salah satunya adalah Duta Besar Maroko untuk Indonesia Ouadia Benabdellah. Pertemuan dengan Oso dubes Maroko, ini berlangsung di Ruang Kerja Wakil Ketua MPR RI, Gedung Nusantara III Lantai 9. 

Kepada Oesman Sapta, Ouadia Benabdellah antara lain mengharap adanya peningkatan kerjasama kedua negara. Apalagi antara Indonesia dan Maroko memiliki berbagai kemiripan. Antara lain, keduanya adalah Negara Islam dan mengusung demokrasi. Baik Indonesia maupun Maroko, kedua adalah negara yang sangat toleran, terhadap berbagai perbedaan. Seperti juga Indonesia, Maroko Juga memiliki hubungan yang sangat baik dengan negara-negara Arab. 

"Kami memiliki produk  unggulan yang sangat murah, tetapi menjadi mahal, saat dijual negara lain. Antara lain, minyak Zaitun, sitrus dan Tomat", kata Ouadia. 

Karena itu, hubungan dagang antara Indonesia Maroko masih terbuka lebar. Apalagi pada saat yang sama, Maroko juga membutuhkan buah-buahan dari Indonesia. 

Menanggapi hal itu, wakil Ketua MPR setuju agar hubungan kedua negara terus ditingkatkan. Bahkan bukan hanya perdagangan, tetapi juga hubungan diplomatik dan kerjasama dibidang pertanian. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hubungan keduanya, menurut Oso adalah memperbanyak pertemuan, baik pemerintah dengab pemerintah, parlemen dengan parlemen, termasuk pengusaha dengan penguasa ke dua negara. 

"Satu hari saya juga pasti akan berkunjung ke Maroko. Mudah-mudahan saya bisa bertemu pemerintah dan parlemen Maroko", kata Oso menambahkan.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015