Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Rabu, 29 Maret 2017 - 10:25 |

Pimpinan MPR Sosialisasi Empat Pilar Di Unika De La Salle Manado

Pimpinan MPR Sosialisasi Empat Pilar Di Unika De La Salle Manado

Manado - Wakil Ketua MPR RI Evert Ernest Mangindaan, anggota MPR dari kelompok DPD RI daerah Sulawesi Utara Marhany Victor Poly Pua dan anggota MPR Fraksi PAN dapil Sulawesi Utara Bara Hasibuan, Rabu (29/3) menjadi Narasumber utama Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada mahasiswa dan mahasiswi Universitas Katolik De La Salle Manado.

Acara yang digelar di aula olahraga kampus Unika De La Salle Manado ini dihadiri Ketua Yayasan Unika Pastor Benny Salome, Rektor Unika Pastor Revi Rafael Tanod, mahasiswa dan mahasiswi berbagai fakultas serta dosen pengajar.

Dalam kesempatan tersebut, Mangindaan memaparkan soal Tantangan Kebangsaan menurut TAP MPR No.VI Tahun 2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa.  Diutarakan Mangindaan, tantangan bangsa ini sangat berat yang berasal dari dalam dan global. Tantangan dari dalam negeri yang harus lebih diwaspadai sebab dampaknya sangat merusak.

"Contohnya korupsi yang makin marak, lalu paham radikalisme yang memaksakan kehendak kelompoknya sendiri, padahal Indonesia dibangun diatas keberahaman dan toleransi," katanya.

Kepada para mahasiswa, Mangindaan menekankan agar generasi muda meneladani para pendiri bangsa Indonesia yang sangat tinggi rasa toleransi dan rasa kebhinnekaannya.  Hal tersebut terlihat dari sejarah perumusan Pancasila terutama soal Piagam Jakarta.

"Para pendiri bangsa muslim sangat tinggi rasa nasionalismenya itu sangat patut dijadikan teladan.  Saling menghargai, saling memahamai antar rakyat sehingga rumusan Pancasila dan UUD pun terbentuk tanpa ada yang merasa didiskriminasikan," ungkapnya.

Generasi muda bangsa, lanjut Mangindaan, adalah agen dalam pemahaman dan implementasi Pancasila dan nilai-nilai luhur bangsa di lingkungannya masing-masing. "Pemahaman generasi muda yang baik tentang Pancasila dan nilai-nilai luhur bangsa akan membentengi dari pengaruh pemahaman radikal dan pemahaman yang merusak kebhinnekaan bangsa," tegasnya.

Ketua Yayasan Unika De La Salle Manado Pastor Benny Salome sangat mengapresiasi upaya sosialisasi empat pilar yang digalakkan MPR RI ke berbagai elemen masyarakat. "Sosialisasi ini bisa menambah pengetahuan mahasiswa generasi muda akan Pancasila dan nilai- nilai luhur bangsanya, juga menambah wawasan soal konstitusi bangsa. Rektor sampai meliburkan seluruh perkuliahan untuk mengikuti sosialisasi penting ini, sehingga kita harapkan semua akan bertambah wawasan tentang bangsanya," pungkasnya.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015