Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Jumat, 04 Mei 2018 - 06:40 |

Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono Buka LCC Empat Pilar DKI Jakarta

Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono Buka LCC Empat Pilar DKI Jakarta

Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR RI Ma’ruf Cahyono, SH., MH.,  Kamis sore (3/4/2018), membuka secara resmi  putaran final Lomba Cerdas Cermat  (LCC) Empat Pilar tingkat Provinsi DKI Jakarta. Acara ini berlangsung di Aula Kampus SMK Negeri I di Jl. Budi Utomo, Jakarta Barat. Dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Drs. H. Bowo Irianto, MM.; Kepala Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta yang juga Ketua Panitia Pelaksana LCC  Drs. H. Suharno, M.Pd.; Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP dan SMA Drs. Sulaksono, MPd., serta Kepala Biro Persidang dan Sosialisasi Setjen MPR  Tugiyana dan Kepala Bagian Pengamanan MPR Drs. Riskandar.  

LCC Empat Pilar merupakan salah satu metode Sosialisasi Empat Pilar MPR memang diperutukkan bagi siswa-siswi SLTA. Untuk LCC Empat Pilar DKI Jakarta tahun ini pihak panitia penyelenggara melakukan seleksi terhadap 51 tim (setiap tim terdiri dari 10 orang) dari 51 SLTA yang ada di wilayah DKI Jakarta. Hasilnya, keluar sembilan tim dari sembilan sekolah yang maju ke babak final yang berlangsung dua hari (3 dan 4 Mei 2018). Kesembilan tim itu adalah SMA Negeri 8, SMA Negeri 34, SMA Negeri 26, SMA Negeri  81, SMA Negeri  58, SMA Negeri 99, SMA Negeri  61, SMA negeri  84, dan SMA Negeri  78 Jakarta. Pemegang gelar juara pertama dalam lomba ini akan mewakili Provinsi DKI Jakarta dalam putaran final LCC Empat Pilar tingkat nasional di Jakarta, Agustus mendatang.

Provinsi DKI Jakarta adalah provinsi  ke-18 yang menyelenggarakan LCC Empat Pilar tingkat provinsi. Dan, LCC DKI Jakarta ini termasuk istimewa, karena baru satu-satunya LCC dari sekian banyak LCC tingkat provinsi yang telah diselenggarakan dihadiri langsung oleh Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono. Mendengar laporan Ketua Panitia Pelaksana LCC bahwa sembilan peserta ini merupakan hasil seleksi dari 51 sekolah yang ada di DKI Jakarta, Ma’ruf menyatakan, itu artinya sosialisasi Empat Pilar dengan metode LCC ini sudah sampai pada tataran sekolah-sekolah. “Ini yang kita harapkan,” ujar Ma’ruf dalam sambutannya.

Menurut Ma’ruf, LCC adalah salah satu dari sekian banyak metode untuk membumikan nilai-nilai kebangsaan. MPR akan terus membumikan nilai-nilai kebangsaan ini, karena tantangan ke depan akan semakin berat. Untuk menghadapi tantangan-tantangan itu, lanjut Ma’ruf, kita harus memilki dua modal, yakni ketahanan ideologi dan daya saing. Dari segi daya saing, kata Ma’ruf, mau tidak mau juga kita harus bersaing dengan saudara kita sendiri dan bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Maka, “Di sinilah pentingnya jatidiri, dan jatidiri harus berada pada setiap warga bangsa Indonesia,” katanya.

Karena yang menjadi kekhawatiran generasi tua, menurut Ma’ruf, adalah jangan sampai nilai-nilai baik menjadi hilang, atau menjadi prilaku yang bukan karakter bangsa kita. “Kalau ada warga bangsa yang tak takut nilai-nilai itu hilang maka patut dipertanyakan,” tegas Ma’ruf. Untuk itu, kepada para siswa, peserta LCC Empat Pilar, Ma’ruf berharap, nilai-nilai luhur harus terus kita jaga agar jangan sampai hilang. Oleh karena itu, tambah Ma’ruf, ilmu yang diserap dari sosialisasi Empat Pilar model LCC Empat Pilar ini tidak berhenti pada tataran pengetahun tapi harus berlanjut pada tataran pelaksanaan.

Sebelumnya, Wakil Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Drs. H. Bowo Irianto, MM., dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada MPR yang telah menyelenggarakan LCC ini. Kegiatan ini, menurut Bowo Irianto, dibutuhkan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. “ Karena tantangan ke depan semakin berat, dan krisis sosial akan semakin gawat,” kata Bowo Irianto.

Jum’at (4/4/2018), juga bertempat di Aula SMK Negeri 1 Jakarta, kesembilan tim peserta akan bertarung memperebutkan satu tiket untuk maju ke putaran final LCC Empat Pilar tingkat nasional. Menurut rencana Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono termasuk salah satu juri pada lomba tersebut.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015