Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Kamis, 11 Juni 2015 - 12:07 |

Sistem Pembangunan Model GBHN Dibahas Diskusi Bersama ICMI

Sistem Pembangunan Model GBHN Dibahas Diskusi Bersama ICMI

Dengan memukul gong lima kali. Kepala Pusat Pengkajian MPR Ma'ruf Cahyono, SH., MH., didampingi Pimpinan Badan Pengkajian MPR Soenmandjaja, Sekretaris Dewan Pakar ICMI Dr. Zaim Uchrowi, mantan Ketua MK Prof. Hamdan Zoelva, membuka secara resmi Focus Group Discussion (FGD) Badan Pengkajian MPR RI di Hotel Maharani, Mampang, Jakarta, Kamis siang, 11 Juni 2015.


FGD yang diselenggarakan oleh MPR bekerjasama dengan ICMI ini diikuti oleh sekitar 20 orang anggota ICMi. Diskusi ini mengangkat tema: "Reformulasi Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional Model GBHN Pasca Perubahan UUD Tahun 1945. 


Tampil sebagai pembicara dalam FGD ini adalah Prof. Hamdan Zoelva, mantan Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y. Thohari,  Pimpinqn Badan Pengkajian Soenmandjaja, dan Dadang Solihin mewakili Lemhanas. 


Ma'ruf Cahyono dalam sambutannya menjelaskan alasan memilih tema ini untuk bahan diskusi dengan ICMI kali ini. Menurut Ma'ruf, dari berbagai diskusi dan seminar yang diselenggarakan MPR di berbagai kampus seluruh Indonesia, meski temanya berbeda, aspirasi untuk menghidupkan sistem pembangunan model GBHN ini selalu muncul.


Sementara Sekretaris Dewan Pakar ICMI Dr. Zaim Uchrowi menyatakan, kebutuhan merumuskan kembali sistem pembangunan nasional model GBHN ini muncul mengingat kondisi kita tidak begitu bagus. ICMI dan seluruh jajaran akan melakukan yang terbaik, bahkan melakukan kajian baik oleh Dewan Pakar maupun melalui Korwil di daerah-daerah.


Ma'ruf berharap, diskusi ini melahirkan desain yang jelas dan lengkap, dan memiliki landasan hukum yang kuat.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015