image

Bamsoet Dorong Penyelenggaraan Kejurnas Otomotif di Jambi

Jumat, 09 September 2022 14:20 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menerima Bupati Tanjung Jabung Timur Jambi Romi Hariyanto dan Ketua IMI Provinsi Jambi Guntur Muchtar, yang melaporkan berbagai kesiapan penyelenggaraan kejuaraan balap nasional yang akan diselenggarakan di Provinsi Jambi. Sekaligus melaporkan kesiapan IMI Provinsi Jambi menyelenggarakan Miss IMI Jambi 2022 yang akan diselenggarakan pada 8 Oktober 2022.

"Berbagai kejuaraan nasional yang akan diselenggarakan di Provinsi Jambi antara lain, Kejuaraan Nasional Motoprix Piala Presiden Republik Indonesia Region A Sumatera pada 8 Oktober 2022 di Zabaq National Circuit, di Tanjung Jabung Timur; Kejuaraan Nasional Adventure pada 15-16 Oktober 2022 dan Kejuaraan Nasional Sprint Rally pada 21-22 Oktober 2022, yang keduanya akan diselenggarakan di Suwarnadwipa Nusantara Permanent Circuit, di Muara Bungo Jambi," ujar Bamsoet usai menerima Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto dan Ketua IMI Provinsi Jambi Guntur Muchtar, di Jakarta, Jumat (9/9/22).

Turut hadir antara lain, Sekretaris IMI Jambi Hary Kurniady, serta Kepala Disparbudpora Tanjung Jabung Timur Zekki zulkarnaen.

Ketua DPR RI ke-20 sekaligus mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menerangkan, Provinsi Jambi memiliki dua sirkuit berkualitas. Zabaq National Circuit sebagai sirkuit road race permanen pertama di Jambi. Terletak di Tanjung Jabung Timur, Zabaq National Circuit yang diresmikan oleh Bamsoet bersama Gubernur Jambi Al Haris serta Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto pada 5 Desember 2021 lalu ini memiliki luas sekitar 45 hektar, panjang lintasan mencapai 2.500 meter dengan 14 tikungan.

"Sedangkan Suwarnadwipa Nusantara Permanent Circuit yang diresmikan pada tahun 2019, merupakan sirkuit permanen pertama yang dibangun di Provinsi Jambi, sekaligus menjadi sirkuit track tanah terbesar dan terpanjang di Indonesia. Dibangun diatas lahan seluas 25 hektar, Suwarnadwipa Nusantara Permanent Circuit memiliki panjang track sekitar 8,4 kilometer dengan lebar 6 hingga 8 meter. Menjadikannya sebagai sirkuit yang berkarakter high speed, yang bisa menyelenggarakan Sprint Rally hingga Speed Offroad," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, selain di Tanjung Jabung Timur dan di Bungo, rencananya Provinsi Jambi juga akan memiliki satu sirkuit lagi. Karena Pemerintah Kabupaten Batanghari berencana membangun sirkuit road race di samping Pasar Ternak, Kecamatan Muara Bulian.

"Keluarga besar IMI Pusat dan IMI Jambi bersama pemerintah daerah setempat berkomitmen untuk memaksimalkan potensi berbagai sirkuit yang ada di Jambi agar bisa dimanfaatkan secara baik untuk menggeliatkan olahraga dan mobilitas otomotif di Jambi. Sekaligus memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat sekitar, serta menjadi tambahan pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.