image

Bamsoet Lakukan Kick Off FIM MiniGP Indonesia Series 2022

Sabtu, 04 Juni 2022 09:15 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua Umum Internasional dan Event Happy Harinto, Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko, Komisaris Sport Talenta Indonesia Rani, serta Direktur PT Bekarya Otomotif Sukses Djoko Iman Santoso secara resmi melakukan kick off penyelenggaraan FIM MiniGP Indonesia Series 2022 - Road to MotoGP, sebagai bagian dari FIM MiniGP World Series 2022 yang diselenggarakan secara global oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports.

FIM MiniGP Indonesia Series 2022 akan dilaksanakan sebanyak 6 putaran. Putaran pertama dimulai pada 16 Juli 2022 di Sirkuit Internasional Karting Sentul, Bogor. Dilanjutkan putaran kedua dan seterusnya pada 17 Juli 2022, 13 Agustus 2022, 14 Agustus 2022, 24 September 2022, dan terakhir 25 September 2022. Diikuti 15 pembalap muda Indonesia berusia 10 hingga 14 tahun.

"Sesuai ketentuan FIM dan Dorna Sport, para pembalap yang berlaga dalam series MiniGP diwajibkan menggunakan tipe motor yang sama, Ohvale GP-0 160 Cc, yang memiliki karakter sama dengan gaya balap di MotoGP. Motor disediakan oleh panitia pelaksana. Penggunaan tipe motor yang sama oleh seluruh pembalap MiniGP dimaksudkan agar pembalap dari negara yang berbeda bisa mempunyai pengalaman yang sama. Sehingga para juaranya tidak semata bergantung kepada kualitas mesin kendaraan, melainkan lebih mengandalkan keunggulan teknik balap dari masing-masing pembalap muda," ujar Bamsoet dalam Konferensi Pers Kick Off FIM MiniGP Indonesia Series 2022, di Black Stone Garage Kebayoran Baru Jakarta, Sabtu (4/6/22).

Turut hadir antara lain, Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga IMI Pusat Junaidi Elvis, Komunikasi dan Media IMI Pusat Dwi Nugroho, Hubungan Antar Lembaga IMI Pusat Andrys Ronaldi, Direktur Sporting Sport Talenta Indonesia Harlan Fadhillah, Manager Sport Talenta Indonesia Doni Tata, dan Technical Director Sport Talenta Indonesia Dyan Dilato.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, di akhir musim, tiga besar juara FIM MiniGP Indonesia Series 202 akan bertanding dalam FIM MiniGP World Final 2022 yang diselenggarakan di Valencia pada November 2022. Disana mereka akan bertanding dengan para juara MiniGP dari Prancis, Irlandia, Italia, Malaysia, Belanda, Amerika Utara, Portugal, Spanyol, Inggris, Australia, Austria, India, dan Qatar.

"Pembalap muda Indonesia yang juara FIM MiniGP Indonesia Series 2022, juga akan diberi akses khusus untuk mengikuti kejuaraan bergengsi Asia Talent Cup 2023. Begitupun dengan para pembalap muda FIM MiniGP lainnya yang menjadi juara di masing-masing negaranya, berkesempatan mengikuti Talent Cup sesuai regional asal pembalap. Penyelenggaraan FIM MiniGP Indonesia Series 2022 merupakan bentuk keseriusan IMI dalam pembinaan berjenjang dengan arah yang sangat jelas. Setelah dari MiniGP, para pembalap muda Indonesia bisa lanjut mengikuti berbagai kejuaraan bergengsi. Seperti Red Bull MotoGP Rookie, Asia Talent, Moto3, Moto2, hingga akhirnya bisa menembus MotoGP," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, dalam setiap penyelenggaraan putaran FIM MiniGP Indonesia Series 2022, panitia pelaksana dari Sport Talenta Indonesia dan Bekarya Otomotif Sukses akan turut menyelenggarakan Festival MiniGP untuk memeriahkan kejuaraan. Menampilkan Experience, Entertainment, dan Education.

"Antara lain dengan menyuguhkan music performance, aftermarket, game corner, playground area, community meet up, coaching clinic, talkshow, MiniGP Fun Ride, MiniGP Modification, hingga menyuguhkan food and beverage. Sehingga para penonton selain bisa menyaksikan kejuaraan dan mendukung bakat talenta muda balap Indonesia, juga bisa mendapatkan kegembiraan sekaligus pengetahuan tentang perkembangan terkini di dunia balap otomotif," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.