image

Bangun Kemandirian Masyarakat untuk Cegah Meningkatnya Kembali Kasus Covid-19

Jumat, 10 Juni 2022 15:02 WIB

Upaya membangun kemandirian masyarakat dalam menegakkan norma baru pasca pandemi harus konsisten agar proses menuju endemi dapat dilalui dengan baik.

"Tren peningkatan kasus Covid-19 yang meningkat beberapa hari terakhir menjadi peringatan bagi kita bersama terkait pelaksanaan norma baru dalam keseharian pascapandemi," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/6).

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI, Kamis (9/6), mengungkapkan dalam tiga hari terakhir angka kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 500 kasus, laju penularan atau positive rate juga sudah mencapai 1%, meski masih di bawah standar WHO yaitu 5%.

Menurut Lestari, dalam proses menuju endemi, pada pascapandemi harus benar-benar dibangun kemandirian masyarakat dalam menerapkan norma baru untuk menjaga kualitas kesehatan lingkungan dan keluarganya, dalam keseharian.

Pada norma baru itu, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, langkah-langkah yang mengedepankan upaya pencegahan penularan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, harus terus menjadi kebutuhan.

Demikian juga, tegas Rerie, dengan upaya meningkatkan kebersihan lingkungan dan diri, serta keluarga juga harus direalisasikan.

Upaya membangun kemandirian masyarakat terkait penerapan norma baru tersebut, ujar Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus benar-benar didorong secara konsisten hingga menjadi kebiasaan yang dilakukan masyarakat dalam keseharian.

Pemahaman masyarakat terkait pentingnya penerapan norma baru, ujar Rerie, harus ditanamkan agar ancaman meningkatnya kembali kasus Covid-19 di tanah air bisa dicegah.

Upaya tersebut, tambahnya, harus menjadi kepedulian bersama para pemangku kepentingan dan masyarakat dengan sosialisasi yang berkelanjutan lewat penguatan literasi dan melaksanakan praktik hidup sehat dalam keseharian.*


Anggota Terkait :

Dr. LESTARI MOERDIJAT S.S., M.M.