image

Hadir Dipelantikan PAC ISNU Gorontalo, Fadel Muhammad Dorong Para Sarjana Menjadi Enterpreneur

Senin, 06 Maret 2023 08:42 WIB

Gorontalo - Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa salah satu faktor yang membuat satu daerah itu maju, karena sumber daya manusianya (SDM) yang berkualitas yang hanya bisa di dapatkan dari pendidikan mulai dasar hingga pendidikan tinggi yang juga berkualitas.  Tanpa itu, jangan harap daerah bisa mengelola dan mengembangkan potensi kekayaan daerahnya.

Pendidikan yang berkualitas dan tentu saja terjangkau, menurut Fadel Muhammad, akan menghasilkan lulusan dan sarjana-sarjana yang merupakan sumber daya manusia unggul untuk membangun daerah dan lebih luas lagi membangun bangsa dan negara.

"Untuk itu, saya mendorong para sarjana untuk mengembangkan potensi dirinya dengan mengaplikasikan semua ilmu pengetahuan yang dikuasai untuk kemaslahatan semua.  Jadilah enterpreneur, dengan begitu lapangan kerja akan banyak terbuka untuk rakyat yang kurang beruntung," katanya

Hal tersebut disampaikan Fadel Muhammad dalam sambutannya di acara Pelantikan PAC Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), di Limbato, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo, Minggu Malam (5/3/2023).  Acara di hadiri juga oleh Pj. Bupati Boalemo Hendriwan, para Pimpinan dan anggota ISNU Kabupaten Boalemo.

Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI ini kemudian memberi contoh pada dirinya sendiri.  Usai menempuh pendidikan di ITB Bandung, Fadel Muhammad dan kawan-kawannya membuka pabrik yang kemudian menjadi besar dan terkenal yakni PT Bukaka Teknik Utama, yang merupakan salah satu produsen passenger boarding bridge atau garbarata. Bukaka menjadi satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang memproduksi garbarata yang melakukan ekspansi ke beberapa negara.

Setelah sukses besar menjadi seorang pengusaha, Fadel Muhammad kemudian terpanggil mengabdikan diri melayani rakyat menjadi Gubernur Provinsi Gorontalo atas pilihan rakyat selama dua periode.

"Itulah yang menjadi harapan saya, para sarjana ini harus  terlibat langsung dalam pembangunan daerah Gorontalo khususnya Kabupaten Boalemo dengan menjadi pengusaha-pengusaha sehingga sekali lagi bisa tercipta lapangan kerja yang luas . Selanjutnya, harapan saya kesempatan untuk menjadi sarjana terbuka untuk semua lapisan masyarakat tanpa kecuali dengan tersedianya lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas dan terjangkau," tandasnya.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD