image

Holding BUMN UMi, Wakil Ketua MPR: Ini terobosan yang baik untuk daya saing usaha mikro

Sabtu, 28 Agustus 2021 11:17 WIB

 

Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan mengapresiasi dan mendukung keberadaan Holding Badan Usaha Milik Negara Ultra Mikro (BUMN UMi) yang merupakan gabungan dari tiga BUMN, yakni Bank BRI, Pegadaian, dan Permodalan Nasional Madani (PNM). Holding yang memfokuskan pada pemberdayaan usaha mikro ini  akan mampu menyerap tenaga kerja  target sebanyak 30 juta tenaga kerja.

“Saya mendukung langkah terobosan  pembentukan Holding BUMN UMi. Ini adalah inovasi kelembagaan yang bagus sehingga berbagai potensi usaha mikro yang terserak dapat terkonsolidasi dengan baik. Tentu ujungnya adalah peningkatan daya saing sektor mikro secara nasional dan global. Sinergi ketiga BUMN dengan keunggulannya masing-masing diharapkan mampu memberikan daya ungkit signifikan bagi usaha mikro,” ungkap Menteri Koperasi dan UKM di era Presiden SBY ini.

Sebagaimana diketahui, Bank BRI memiliki daya jangkau yang sangat luas, bahkan sampai ke pelosok. Dengan demikian, pelaku usaha mikro memiliki akses pendanaan yang terintegrasi dengan sektor perbankan. Di sisi lain, PNM memiliki program Mekaar yang telah mampu melakukan pembinaan dan panyaluran kredit produktif. Hal ini semakin diperkuat pula oleh keberadaan Pegadaian yang telah sedari dulu menjadi bagian integral dari masyarakat dalam mengakses kemudahan dalam pembiayaan. Dengan sinergi ketiga BUMN ini, kita percaya Holding BUMN UMi dapat lebih sistematis dan masif dan kemudahan dalam pembiayaan dan  peningkatan pemberdayaan usaha mikro.

Menurut politisi senior Partai Demokrat ini, terbentuknya BUMN UMi ini diharapkan mampu memberikan dukungan berkelanjutan, baik dari sisi pembiayaan, pelatihan kewirausahaan, maupun strategi penjualan sehingga produk mikro berdaya saing. 
Dengan transformasi ke dalam sektor formal, usaha mikro juga semakin memberikan daya dukung optimal bagi penerimaan negara, selain jaminan kesejahteraan bagi pekerjanya dan dapat juga menuntaskan masaalah pengangguran dan kemiskinan yang saat ini masih tinggi.

Di era digital ini, BUMN UMi diharapkan mampu menjadi fasilitator dan katalisator dalam mengintegrasikan sektor mikro ke dalam pasar digital yang tengah berkembang. Dengan demikian, usaha mikro tidak terbatas pada daya jangkau domestik, namun juga mampu menembus pasar global. Telah terbukti bahwa potensi usaha mikro sangatlah besar, namun potensi ini harus dapat dikanalisasi dan dikelola  dengan baik disertai adanya keberpihakan dari Pemerintah. Daya dukung kelembagaan inilah yang diharapkan mampu mengakselerasi daya saing sektor mikro sehingga memberikan kontribusi signifikan dalam perekonomian nasional.

“Dengan adanya inisiatif pasar digital (PaDi) UMKM sebagai bagian integral dari tujuan pembentukan holding BUMN UMi ini, produk UMKM mampu menembus pasar mancanegara. BUMN UMi dapat berperan sebagai lokomotif yang menciptakan ruang, peluang, dan fasilitasi pasar agar produk UMKM semakin berdaya saing. Saya  mendukung penuh  terobosan kebijakan ini dalam kerangka pemberdayaan dan peningkatan daya saing UMKM,” tutup Syarief.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. H. SJARIFUDDIN HASAN, M.M, M.B.A.