image

Ketua MPR RI Bamsoet Tegaskan Pimpinan MPR RI Solid Menjaga Suhu Politik Kondusif Jelang 2024

Selasa, 14 Juni 2022 09:50 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memastikan dalam menghadapi tahun politik 2024, seluruh pimpinan MPR RI yang berasal dari 9 partai politik dan 1 kelompok DPD, tetap solid dan kompak. Mengingat di dalam MPR RI hanya ada satu fraksi, yaitu Fraksi Merah Putih. Tugas MPR RI sebagai pengatur cuaca agar selalu sejuk, tidak panas menyengat tidak juga dingin menggigil, akan selalu dijalankan dengan baik.

"Selain memasifkan vaksinasi ideologi menggunakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI untuk menjaga imunitas bangsa dari berbagai pengaruh ideologi asing dengan paham radikalisme dan intoleransi yang dapat memecah belah bangsa, MPR RI juga akan terus menggelorakan semangat kebangsaan. Menjadikan Pemilu sebagai pesta demokrasi rakyat yang harus disambut dengan suka cita, bukan justru membawa petaka. Melalui Pemilu, kita tebarkan kegembiraan dalam keberagaman," ujar Bamsoet usai pertemuan silahturahmi dan makan malam bersama para pimpinan MPR RI, di Restoran Tamarind N Lime, Kebayoran Baru Jakarta, Akhir pekan lalu.

Turur hadir para pimpinan MPR RI lengkap, selain Fadel Muhammad yang masih kunjungan kerja di daerah. Antara lain, Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Syarief Hasan, Zulkifli Hasan, Hidayat Nur Wahid, dan Arsul Sani.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, selain untuk menjaga suhu politik tetap sejuk, soliditas dan kekompakan antar pimpinan MPR juga sangat diperlukan guna menjaga besarnya kepercayaan masyarakat terhadap MPR RI, sebagaimana terlihat dari berbagai survei.

"Dari survei Indikator Politik Indonesia pada 18-24 Mei 2022, MPR RI berada di urutan pertama sebagai lembaga representasi perwakilan rakyat yang mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat sebesar 53.8 persen, disusul DPD RI sebesar 52.8 persen, dan DPR RI sebesar 46.1 persen. Dari survei Charta Politika pada 10-17 April 2022, MPR RI juga berada di urutan pertama yang mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat sebesar 63.5 persen, disusul DPD RI sebesar 56.2 persen, serta DPR RI sebesar 53.9 persen," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menambahkan, dari survei yang juga dilakukan Indikator Politik Indonesia pada 11-12 Februari 2022, MPR RI juga menempati peringkat pertama sebagai lembaga representasi perwakilan rakyat yang mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat, yakni sebesar 67 persen. Disusul DPD RI sebesar 65 persen dan DPR 61 persen.

"Meningkat dari survei serupa yang juga dilakukan Indikator Politik pada 17 hingga 21 September 2021 yang memperlihatkan MPR RI tetap mendapatkan tingkat kepercayaan tinggi sebesar 57 persen, disusul DPD RI sebesar 52 persen, serta DPR RI 50 persen," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

H. BAMBANG SOESATYO, S.E., M.B.A.