image

Kunjungi Satuan Latihan khusus Tarung Derajat di Markas Besar Komando Armada II TNI AL Surabaya, Bamsoet Saksikan Kehebatan Bela Diri Para Prajurit TNI AL

Senin, 07 Maret 2022 16:53 WIB

SURABAYA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) disambut Panglima Komando Armada II TNI AL Laksamana Muda Iwan Isnurwanto di Markas Besar Komando Armada II TNI AL Surabaya sebelum menyaksikan demontrasi jurus-jurus maut Tarung Derajat para prajurit TNi AL.

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Tarung Derajat ini mengingatkan merawat warisan budaya dan kearifan lokal bukanlah persoalan yang mudah. Derasnya laju globalisasi yang ditopang oleh kemajuan teknologi informasi, di satu sisi telah menawarkan beragam efisiensi dan simplifikasi dalam beragam bidang kehidupan. Namun di sisi lain juga menghadirkan potensi ancaman yang dapat menggerus nilai-nilai kearifan lokal bangsa Indonesia.

"Tarung Derajat merupakan seni bela diri asli Indonesia, sekaligus warisan budaya dan kearifan lokal yang lahir dari kreasi anak bangsa. Dalam konteks inilah, memajukan olahraga Tarung Derajat menjadi bagian dari upaya dan partisipasi kita untuk merawat, melindungi dan menjaga warisan budaya dan kearifan lokal," ujar Bamsoet saat meninjau Satuan Latihan Khusus Komando Armada II (Satlasus Koarmada II) Tarung Derajat di Markas Komando Armada II TNI Angkatan Laut, Surabaya, Senin (7/3/22).

Tarung Derajat merupakan seni bela diri asli Indonesia dengan Ketua Dewan Pembina Kepala BIN Jend Pol (P) Budi Gunawan. Hadir Pengurus PB KODRAT antara lain Ketua Harian Brigjen (Pol) Syamsul Bahri, Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis dan Andrys Ronaldi, serta Komunikasi dan Media Dwi Nugroho. Selain Ketua Harian Tarung Derajat Jawa Timur Erwin H Boejono

Turut hadir Anggota Komisi X DPR RI Robert J Kardinal, Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak serta Wakil Ketua FKPPI Jawa Timur Agus Ronald.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, Keamanan dan HAM ini mengapresiasi Koarmada II yang telah membuat Satlasus Tarung Derajat sejak tahun 2020. Selama ini TNI, Polri, BIN serta Sekolah Tinggi Intelejen Negara (STIN) juga telah menjadikan Tarung Derajat sebagai salah satu ilmu beladiri yang wajib dipelajari. Tarung Derajat juga hadir dalam kegiatan ekstrakulikuler peserta didik dari mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

"Walaupun belum lama terbentuk, Satlasus Tarung Derajat Koarmada II telah menorehkan beberapa prestasi di Kejuaraan Provinsi Tarung Derajat tahun 2021. Kelasi Dua Setiawan Derajat meraih mendali emas di kelas 55-58 Kg, Kelasi Dua Iqro Yullah mendapat mendali perak kelas 65-70 Kg serta Kelasi Dua Eta Bagus Gumelar meraih mendali perunggu kelas 61-65 Kg," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Wakil Ketua Umum SOKSI ini menuturkan, hingga kini kepengurusan Tarung Derajat telah hadir di 24 provinsi. Diharapkan dalam waktu dekat kepengurusan Tarung Derajat bisa terbentuk di 10 provinsi lainnya. Sehingga, keberadaan Tarung Derajat bisa mencakup wilayah dari Sabang sampai Merauke.

"Di luar negeri Tarung Derajat sudah berkembang di beberapa negara. Semisal, Malaysia, Myanmar, Thailand, Laos, Filipina, dan Vietnam. Tugas besar menanti agar Tarung Derajat turut dipertandingkan sebagai cabang olahraga pada Sea Games XXXII tahun 2023 di Kamboja. Setelah sebelumnya, Tarung Derajat pernah hadir sebagai cabang olahraga eksibisi pada SEA Games 2011 di Palembang," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.