image

Menerima Pengurus Persaudaraan SH Teratai Jakarta Selatan, HNW : Di Tahun Politik, Seni Budaya Penting Tetap Disemarakkan

Jumat, 10 November 2023 10:19 WIB

Wakil Ketua MPR RI yang juga Ketua Badan Wakaf Pondok Pesantren Gontor Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid MA, atau HNW menyambut baik rencana Pengurus Cabang Persaudaraan Setia Hati Teratai Jakarta Selatan, yang akan menggelar  kejuaraan silat SH Teratai, 16-17 Desembar yang akan datang. Kejuaraan itu dilaksanakan di tengah masa kampanye Pemilu. Sehingga diharapkan bisa menurunkan suhu ketegangan politik jelang pesta demokrasi lima tahunan, bahkan bisa menghadirkan semangat berkontestasi Pemilu yang positif dalam bingkai seni dan budaya yang mementingkan etika sebagaimana tujuan utama dari perguruan silat SH Teratai.

Dari namanya saja, menurut Anggota DPR Dapil Jakarta II meliputi Jakarta Pusat, selatan dan luar negeri, itu SH Teratai sudah mengesankan sesuatu yang indah. Kalau itu sebuah gerakan, pastilah gerakannya indah, dan sangat layak untuk disaksikan dan dikembangkan. Semoga, kata HNW keberadaannya bisa memberi alternatif hiburan bagi masyarakat, di tengah penatnya persoalan politik.

"Meskipun menghadapi pemilu, dan berada dimasa kampanye, sebaiknya ada yang tetap memikirkan, menampilkan dan mengembangkan seni budaya. Tidak harus semua berkonsentrasi terhadap dunia politik. Harus ada yang tetap menggairahkan serta memikirkan aksi dan pengembangan seni budaya sebagaimana yang dilakukan oleh Setia Hati Teratai. Semoga acaranya berjalan lancar, dan tujuan yang hendak dicapai melalui kejuaraan ini bisa terwujud," kata Hidayat menambahkan.

Pernyataan itu disampaikan HNW saat menerima kunjungan Pengurus Cabang Persaudaraan Setia Hati Teratai Jakarta Selatan. Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Kerja Wakil Ketua MPR, Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan, Kamis (9/11/2023). Delegasi  Pengurus Cabang Persaudaraan Setia Hati Teratai Jakarta Selatan, dipimpin Mustain  Kepala Humas SH Teratai Jakarta Selatan.
Ikut serta dalam pertemuan tersebut, Bambang Sugeng Komandan Pengamanan Internal, Galih Wicaksono Sekretaris Cabang SH Teratai Jakarta Selatan, serta Ajeng Mieyaswary Lembaga Wasit Juri Cabang Jakarta Selatan.

Kejuaraan SH teratai, menurut HNW tidak boleh diartikan hanya sekedar   lomba, dan mencari pemenang semata. Kejuaraan SH Teratai juga harus memiliki makna  kecintaan dan pengembangan SH Teratai, itu sendiri.  Karena unsur seni budaya, itu harus terus dipupuk kembangkan, termasuk di tengah suasana panasnya dunia politik.

"Kalau tidak dilindungi dan lestarikan, seni budaya pasti akan tergusur, oleh kebudayaan asing. Apalagi, saat ini era keterbukaan sudah menjalar hingga ke desa terpelosok. Karena itu saya menyambut baik, rencana kejuaraan SH Teratai semoga lancar dan mendapat berkah bagi kita semua," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Pengurus Cabang Persaudaraan Setia Hati Teratai Jakarta Selatan mengundang HNW untuk membuka secara resmi Kejuaraan SH Teratai Jakarta Selatan. Mereka juga meminta kesediaan Hidayat menjadi anggota istimewa SH Teratai Jakarta Selatan.

Kejuaraan SH Teratai Jakarta Selatan, rencananya bakal digelar di Cilandak Jakarta Selatan, dan melibatkan 500 peserta se Jakarta Selatan. Sementara di Jakarta Selatan Sendiri, jumlah anggota SH Teratai, tak kurang dari tujuh ribu anggota.


Anggota Terkait :

Dr. H. M. HIDAYAT NUR WAHID, M.A.