image

Peran Para Seniman Penting untuk Melestarikan Nilai-nilai Sejarah Bangsa

Selasa, 28 Desember 2021 15:05 WIB

Upaya pelurusan sejarah penting bagi generasi penerus agar memahami jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya. Peran para seniman sangat diharapkan untuk melestarikan nilai-nilai kebangsaan warisan para pendahulu bangsa.

"Kehadiran teman-teman  Ketoprak Balekambang dari Solo ini merupakan kebanggaan bagi saya dan masyarakat yang saat ini sedang berupaya meluruskan sejarah Ratu Kalinyamat dari Jepara, yang dengan gagah berani bertempur melawan penjajah Portugis," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat menerima kedatangan pengurus Ketoprak Balekambang Solo, di rumah dinas Wakil Ketua MPR RI di Jalan Denpasar Raya no 12, Kuningan, Jakarta  Selatan, Selasa (28/12).

Menurut Lestari, pemahaman terhadap jati diri bangsa bagi generasi penerus sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan yang diwariskan oleh para pendahulu bangsa tetap dipahami.

Sehingga, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, pelurusan fakta sejarah dari para pendahulu bangsa, seperti Ratu Kalinyamat dari Jepara yang mewariskan nilai-nilai kepahlawanan, sangat penting dilakukan agar generasi penerus memiliki pemahaman yang benar terhadap sepak terjang para pahlawan.

Peran masyarakat, tambah Rerie, seperti para seniman Ketoprak Balekambang dari Solo ini, sangat penting dalam menyosialisasikan nilai-nilai kepahlawanan Ratu Kalinyamat untuk diteladani generasi penerus bangsa.

Budayawan Sudjiwo Tejo yang hadir dalam pertemuan itu berpendapat dalam menyampaikan fakta sejarah, tentang Ratu Kalinyamat misalnya, bentuk penyampaiannya harus disesuaikan dengan kelompok sasaran yang dituju.

Selain lewat kesenian ketoprak, menurut Sudjiwo  Tejo, penyampaian cerita sejarah terkait kisah kepahlawanan Ratu Kalinyamat juga bisa lewat pertunjukan teater yang diminati kalangan muda dengan harapan cakupan penontonnya lebih luas. *


Anggota Terkait :

Dr. LESTARI MOERDIJAT S.S., M.M.