image

Segera Terapkan Strategi Pencegahan yang Masif untuk Hadang Meluasnya Varian Omicron

Selasa, 04 Januari 2022 17:06 WIB

Penularan varian Omicron meningkat, upaya pencegahan yang masif dan kesiapan fasilitas kesehatan harus segera dipastikan agar penyebaran virus korona varian baru itu tidak  meluas.

"Indikasi meluasnya penyebaran varian Omicron di tanah air harus disikapi dengan segera lewat upaya pencegahan penyebaran yang masif," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam  keterangan tertulisnya, Selasa (4/1).

Catatan Kementerian Kesehatan pada akhir tahun lalu sebagian besar varian Omicron di tanah air terdeteksi di DKI Jakarta. 
Bahkan, ketika itu telah ditemukan kasus transmisi lokal.

Menteri Kesehatan juga mengungkapkan kasus yang disebabkan varian Omicron di DKI Jakarta naik dari 0% ke 13,5% dalam dua minggu.

Menurut Lestari, kecepatan penularan tersebut harus segera diimbangi dengan testing dan tracing yang agresif agar tidak berdampak meluas.

Penerapan kebijakan karantina yang ketat di sejumlah pintu masuk bandara, pelabuhan dan perbatasan antarnegara harus terus dilanjutkan, tegas Rerie, sapaan akrab Lestari, untuk memastikan bahwa orang yang masuk ke Indonesia tidak terpapar Covid-19.

Karena, ujar Rerie, pada akhir Desember lalu, Ditjen Imigrasi Kemenkumham mencatat ada lebih dari 10 ribu WNI yang ke luar negeri.

Upaya pencegahan masuknya varian Omicron, jelas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus didukung dengan kelengkapan sarana dan SDM yang memiliki kapasitas dan integritas yang baik dalam melaksanakan tugas tersebut.

Selain itu, tambahnya, mekanisme isolasi bagi orang yang terpapar harus bisa dipantau dengan baik untuk mencegah resiko penularan yang lebih luas.

Terpenting, tegas Rerie, sejumlah upaya meningkatkan imunitas setiap warga, antara lain lewat program vaksinasi, peningkatan gizi masyarakat dan kebersihan lingkungan, harus konsisten dilakukan di setiap daerah.*


Anggota Terkait :

Dr. LESTARI MOERDIJAT S.S., M.M.