image

Semangat Solidaritas Diperlukan untuk Meredam Meluasnya Klaster Baru Penyebaran Covid-19

Jumat, 04 Juni 2021 16:15 WIB


Pasca-Lebaran 2021  bermunculan klaster penyebaran Covid-19 di sejumlah daerah yang diatasi dengan mengkarantina wilayah tersebut. Solidaritas masyarakat harus dtingkatkan untuk  meredam potensi meluasnya penyebaran virus korona tersebut.

"Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangkitkan solidaritas masyarakat saat ini untuk membantu masyarakat yang di tempat tinggalnya sedang diberlakukan pembatasan pergerakan yang ketat," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/6).

Di sejumlah daerah seperti di Bogor, Jawa Barat; Kudus, Jawa Tengah; Malang, Jawa Timur dan DKI Jakarta terdapat sejumlah wilayah yang menerapkan karantina yang ketat untuk meredam potensi penyebaran Covid-19 dari klaster-klaster yang bermunculan itu.

Solidaritas masyarakat, menurut Lestari, bisa dalam bentuk bantuan logistik bagi masyarakat yang terdampak kebijakan karantina wilayah ketat dan konsisten disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Rerie, sapaan akrab Lestari, meyakini awal dari meluasnya penyebaran Covid-19 di setiap daerah itu adalah abainya kita dalam menjalankan Prokes seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Sementara itu, ujar Rerie, bagi para pemangku kepentingan, solidaritas bisa direalisasikan antara lain dalam bentuk kecepatan dukungan dan ketepatan menyalurkan bantuan, serta kebijakan yang komperhensif dalam pengendalian Covid-19.

Kunjungan ke klaster-klaster baru di sejumlah daerah, menurut anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, dapat dimanfaatkan juga untuk meng-update data terkait kondisi sosial masyarakat.

Karena, tegasnya, sejumlah strategi pencegahan dan pengendalian Covid-19, harus terus disempurnakan dan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Menurut dia, daerah dengan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19 harus menjadi sasaran sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam disiplin menjalankan Prokes dan vaksinasi Covid-19.

Bila peningkatan solidaritas masyarakat terjadi, jelas Rerie, dukungan kuat dari para pemangku kepentingan dari sisi peningkatan testing, tracing dan treatments (3T) dalam rangka pengendalian Covid-19 di sejumlah sangat diperlukan.***


Anggota Terkait :

Dr. LESTARI MOERDIJAT S.S., M.M.