image

Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan: Torehan medali emas perdana Tim Cricket Putri Papua bukti Papua penuh bakat

Senin, 27 September 2021 14:38 WIB

Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan mengucapkan selamat atas perolehan medali emas pertama yang diraih Tim Cricket Putri Papua nomor supersixes dalam gelaran pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Ini sekaligus menjadi medali perdana yang diraih oleh tim tuan rumah dalam PON XX yang rencananya diselenggarakan pada 2 okt s/d 12 okt 2021. Capaian ini juga menjadi bukti bahwa Tanah Papua penuh dengan bakat-bakat terpendam yang mampu menorehkan prestasi gemilang dalam kompetisi olahraga.

“Saya mengapresiasi capaian Tim Cricket Putri Papua. Ini adalah torehan perdana dalam gelaran PON XX, sekaligus membuktikan bahwa Papua penuh dengan anak muda berbakat. Potensi ini harus diberdayakan dan dioptimalisasi untuk berkompetisi di level internasional sehingga akan dapat mengharumkan nama bangsa dan negara,” ungkap politisi senior Partai Demokrat ini.

Lebih lanjut Menteri Koperasi dan UKM di era Presiden SBY ini mengingatkan bahwa membangun Tanah Papua tidak cukup hanya dengan membangun instalasi fisik semata, namun harus membangun kualitas sumber daya manusia secara nyata dan berkelanjutan. Ruang aktualisasi harus diberikan seluas-luasnya sehingga bakat-bakat terpendam tersalurkan dengan baik. Tentu harapan kita ini akan dapat membawa kemajuan bagi bangsa dan negara, termasuk di bidang olahraga.

Menurut Syarief, prestasi putra/putri Papua ini sejatinya bukanlah hal yang baru. Kita telah sering menyaksikan bagaimana Putra/Putri Papua mampu meraih juara dalam kompetisi keilmuan seperti Olimpiade Ilmiah Internasional. Ini adalah bukti nyata bahwa anak muda Papua punya segudang prestasi. Hal inilah yang perlu dicermati oleh pemerintah agar memberikan ruang bagi putra/putri Papua bekerja dan berkontribusi besar bagi pembangunan.

“Eskalasi gerakan separatis Papua Merdeka yang potensial merekrut putra/putri Papua harus dikaji secara cermat oleh pemerintah. Pembangunan sumber daya manusia, ruang aktualisasi bagi putra/putri Papua, dan pembinaan kepemudaan secara berkelanjutan adalah hal-hal pokok yang harus dilakukan. Saya yakin putra/putri Papua adalah anak muda yang terpatri Pancasila, UUD 1945, dan NKRI di dadanya. Namun ini tentu saja meniscayakan peran aktif negara dalam membina dan mengarahkan potensi dan bakat putra-putri Papua pada hal-hal yang produktif. Kegiatan olahraga adalah salah satu yang bermanfaat dan perlu,” tutup Syarief


Anggota Terkait :

Prof. Dr. H. SJARIFUDDIN HASAN, M.M, M.B.A.