image

Wakil Ketua MPR Dukung Pemerintah untuk Kemerdekaan Palestina

Sabtu, 22 Mei 2021 18:40 WIB

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan menyampaikan dukungan kepada Pemerintah, khususnya Menteri Luar Negeri RI yang memberikan respon terhadap persoalan yang terjadi di Palestina. Menurutnya, respon Menlu RI dalam Pertemuan Majelis Umum PBB pada Kamis (20/5/2021) telah menunjukkan peran besar Indonesia dalam penyelesaian masalah di Palestina.

Syarief Hasan menyebutkan, aksi-aksi kekerasan yang dilakukan oleh militer Israel terhadap rakyat Palestina telah membuka mata dunia. “Militer Israel telah melakukan aksi-aksi kekerasan yang membuat banyak korban jiwa, kerusakan fasilitas umum, serta bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia.”, ungkap Syarief Hasan.

Ia menyebutkan, pernyataan Menlu RI di hadapan masyarakat dunia lewat di Markas Besar PBB di New York adalah bentuk dukungan resmi Indonesia kepada rakyat Palestina. “Menlu RI telah menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang berada di garis terdepan untuk memastikan kemerdekaan bagi rakyat Palestina dan menentang kekerasan Israel”, ungkap Syarief Hasan

Syarief menyebut, langkah dari Menlu RI telah sesuai dengan amanat Pembukaan UUD NRI 1945. “Pembukaan UUD NRI 1945 telah menyebutkan bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan. Pernyataan Menlu RI menunjukkan bahwa kita akan terus menjunjung tinggi amanat konstitusi.”, ungkap Syarief Hasan.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini juga menyebutkan, agresi militer yang dilakukan oleh militer Israel telah membuka borok Israel yang ingin terus menerus mencaplok wilayah Palestina secara keseluruhan. “Israel yang awalnya pendatang di Tanah Palestina terus menerus mencaplok wilayah Palestina sejak 1947 hingga sekarang dengan melakukan berbagai kekerasan.”, ungkap Syarief Hasan.

Menurut Syarief Hasan, aksi kekerasan militer Israel juga telah membuka mata dunia sehingga memicu demonstrasi di berbagai negara. “Militer Israel melancarkan serangan yang menjadikan anak-anak dan perempuan Palestina korban tidak berdosa. Bahkan, Israel menghancurkan gedung media internasional, laboratorium Covid, hingga gedung kementerian kesehatan di Gaza. Ini bertentangan dengan hukum internasional.”, kecam Syarief Hasan.

Politisi Senior Partai Demokrat ini mengingatkan, Palestina dan Indonesia memiliki hubungan emosional yang sangat kuat sejak dulu. “Palestina adalah satu-satunya negara anggota KAA Bandung yang masih dijajah dan salah satu negara yang paling pertama mengakui perjuangan kemerdekaan Indonesia. Kita memiliki tanggung jawab moral untuk membantu perjuangan rakyat Palestina.”, ungkap Syarief Hasan.

Ia menegaskan, Partai Demokrat akan mendukung Pemerintah melalui Kemenlu RI untuk memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. “Saya atas nama pribadi dan Partai Demokrat mendukung langkah Kemenlu RI. Indonesia harus mengambil peran besar untuk memastikan hadirnya kemerdekaan dan hilangnya kekerasan di bumi Palestina.”, tutup Syarief Hasan.


Anggota Terkait :

Dr. H. SJARIFUDDIN HASAN, S.E, M.M, M.B.A.