image

Acara Bicara Buku Perpustakaan MPR RI Pada Rabu, 19 Agustus 2015 Adalah Pola Asuh Anak

Kamis, 20 Agustus 2015 15:56 WIB

Melejitkan Potensi dan Prestasi Sejak Usia Dini, karangan Meity H. Idris. Pembahasnya adalah Ceu Popong dari Komis X dan Irna Permanasari , editor dan penulis. Acara dibuka dengan kata sambutan dari Kepala Biro Keuangan MPR RI, Suryani.

Acara yang dipenuhi para mahasiswa, orangtua muda, dan wartawan Parlemen itu membahas berbagai persoalan, solusi, serta sharing dari pengalaman penulis dan pembicara dalam mendidik anak-anak usia PAUD---Pendidikan Anak Usia Dini.  Prinsipnya orangtua dan guru harus konsisten menerapkan disiplin sejak awal, termasuk mengajari anak berbagai hal dari sisi optimis. Hal-hal positif harus terus diulang-ulang pengajarannya kepada anak-anak karena mereka masih begitu belia. Namun juga diingatkan agar orangtua dan pendidik tidak hanya memberikan peraturan ini-itu, sebaiknya harus diikuti dengan contoh nyata yang bisa dilihat, dirasakan, bahkan ditiru anak-anak.

Memang dalam buku di atas, penulis melihatnya melulu segi orangtua. Penjelasannya untuk guru sudah dibuatkan buku sejenis yang terpisah. Ke depan direncanakan satu tema yang sama dilihat dari segi guru maupun orangtua dirangkum dalam satu buku. Ini supaya ada keselarasan dan konsistensi antara cara mendidik yang diterapkan orangtua dengan guru sehingga membuat anak menjadi mantap, jauh dari gamang. *