image

Ahmad Basarah :Seyogyanya Kementerian Komunikasi Dan Informasi Menjadi Kementerian Penerangan

Kamis, 13 Agustus 2015 20:47 WIB

Ahmad Basarah, Pimpinan Badan Sosialisasi MPR, di hadapan peserta Bakohumas, kegiatan yang diselenggarakan oleh Setjen MPR, di Ruang Delegasi, Komplek Parlemen, 13 Agustus 2015, mengatakan fungsi Bakohumas adalah fungsi organik badan humas dalam struktur kelembagaan yang mempunyai fungsi keluar dan ke dalam yang offensif untuk membentuk pencitraan dan persepsi yang positif.


Berangkat dari hal yang demikian, Ahmad Basarah mengandaikan bila dirinya menjadi Presiden maka akan mengubah Kementerian Komunikasi dan Informasi menjadi Kementerian Penerangan sehingga mempunyai tanggung jawab yang jelas dalam memberi penerangan.


Bagi Ahmad Basarah, fungsi kehumasan tak hanya memberi pesan namun juga membangun citra positif sehingga bermanfaat bagi bangsa dan bernegara.


Diungkapkan bahwa bangsa ini sedang mengalami perang ideologi dan perang nirmiliter. Terhadap perang ideologi tersebut, bangsa ini sepertinya permisif atau memberi jalan, baik itu ideologi dari barat maupun dari Timur Tengah.


Masuknya ideologi dari luar itu bisa cepat sebab bangsa ini tengah jauh dari nilai-nilai luhur bangsa, Pancasila. Pancasila pada masa lalu, pada masa Orde Baru sejarahnya tak disajikan secara lengkap, juga dijadikan indoktrinasi. Akibat yang demikian maka banyak orang yang trauma pada Pancasila.


Akibat yang demikian pada era reformasi Pancasila dijauhkan. Dampaknya masyarakat tak hafal dan mengerti tentang Pancasila. Hal demikian tak hanya dialami oleh anak sekolah saja namun juga para calon hakim MA.


Berangkat dari fenomena tersebut maka MPR mengambil keputusan politik dengan melakukan Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.