image

Bela Negara Adalah Pengembangan Metode Sosialisasi

Jumat, 19 Februari 2016 19:20 WIB

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Dengan Metode Pendidikan Kebangsaan / Bela Negara merupakan pengembangan metode sosialisasi, yang sudah dilakukan selama ini. Sebelum Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Dengan Metode Bela Negara  ini dilakukan, MPR telah memiliki berbagai metode yang telah dipraktekkan sebelumnya. Antara lain, Training of Trainer, out bond, hingga jambore. 

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Dengan Metode Bela Negara, ini  sengaja dilaksanakan untuk menyasar mahasiswa, khususnya anggota Menwa. Karena Resimen Mahasiswa dianggap sebagai Kelompokyang  berbeda dibanding kelompo-kelompok lain yang sudah disasar sebelumnya. 

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Dengan Metode Bela Negara, ini merupakan gabungan antara program TOT dengan Out boun. Diharapkan metode ini akan menarik, terutama bagi kelompok yang sengaja hendak disasar.  Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono, usai hadir dalam pembukaan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Dengan Metode Pendidikan Kebangsaan, yang berlangsung di Tengarang, Banten, pada Jumat (19/2). 

MPR menurut Ma'ruf akan terus melancarkan program sosialisasi, agar bisa menyasar seluruh komponen masyarakat. Tujuannya agar empat pilar benar-benar  terinteraksi dengan masyarakat, khususnya generasi muda.

"Masih banyak komponen yang belum tersentuh dengan empat pilar. Mereka ini juga   butuh internalisasi empat pilar. Karena itu  MPR takkan berhenti mencari dan membuat program yang  inovatif dan interaktif, agar seluruh komponen masyarakat dapat menginternalisasi empat pilar dalam kehidupan sehari-hari", kata Ma'ruf menambahkan. 

Ma'ruf mencontohkan, kelompok-kelompok yang juga harus disasar program sosialisasi, itu antara lain, petani, nelayan pedagang hingga para buruh. Kepada mereka ini, juga harus dicarikan program yang sesuai, bisa dimengerti dan diinternalisasikan.