.menu_preview{ /* display:none;*/ }

Ketua MPR Blusukan Ke Sentra Gerabah Banten

Rabu, 04 Mei 2016 - 12:41
Serang - Rangkaian Safari Kebangsaan Merajut Kebhinnekaan bersama Ketua MPR, Zulkifli Hasan, di Serang, Provinsi Banten, Rabu (4/5) diisi Ketua MPR dengan blusukan ke sentra pengrajin gerabah di desa Bumi Jaya, Serang, Provinsi Banten.
Di sentra tersebut, saat melihat-lihat kerajinan gerabah, Ketua MPR bertemu para pengrajin gerabah.  Kepada Ketua MPR, para pengrajin mengeluhkan soal pemasaran dan permodalan gerabah yang dirasakan sangat sulit.
Kepada para pengrajin, Ketua MPR mengatakan bahwa kerajinan rakyat di Serang sangat bagus, memang masalah permodalan dan pemasaran masalah klasik sentra-sentra kerajinan rakyat.
"Sebenarnya masalah itulah yang harus menjadi perhatian kepala daerah dan anggota dewan baik pusat dan daerah. Pemerintah daerah harus memfasilitasi sektor pemasaran UKM dengan membuat pameran, workshop dan membuat promosi kerajinan rakyat daerah.  Pemerintah daerah harus mengupayakan pertemuan antara penjual dan pembeli kerajinan.  Pemerintah daerah juga bisa membeli produk kerajinan untuk kepentingan daerah misal untuk taman-taman atau interior dan eksterior bangunan pemda," katanya.
Mengapa pemerintah daerah harus melakukan itu, sebab rakyat adalah sangat berdaulat.  Rakyat berkuasa memilih kepala daerah, anggota dewan daerah dan pusat.  Jangan sampai ketika terpilih rakyat kemudian dilupakan. Itu sama saja berkhianat kepada rakyat.
"Kepala daerah, anggota dewan sejatinya adalah pelayan rakyat. Mereka harus mendengarkan rakyat.  Mendengarkan keluhan rakyat dan berupaya semaksimal mungkin menyelesaikan masalah tersebut.  Untuk soal permodalan banyak sekali lembaga keuangan yang bersedia memberi pinjaman lunak tapi harus ada pendampingan," imbuhnya.
Usai melihat-lihat kerajinan gerabah, Ketua MPR yang didampingi anggota dewan fraksi PAN, Mulfachri Harahap, Yandri Susanto dan Primus Yustisio membeli sekitar dua puluh produk kerajinan gerabah yang dilihatnya sangat menarik dan bagus./der

Baca Juga

Kontak