image

Pagelaran Wayang Di Desa Tlogoagung, Bojonegoro, Disambut Antusias Masyarakat

Minggu, 02 April 2017 08:00 WIB

Pagelaran kesenian tradisional Wayang Kulit di Desa Tlogoagung, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur,  Sabtu malam (1/4/2017) disambut sangat antusias oleh warga Desa Tlogoagung dan desa-desa lainnya  di Kecamatan Baureno.

Ratusan penggemar wayang kulit berbondong-bondong menuju halaman rumah Kepala Desa Tlogoagung, tempat pagelaran wayang kulit itu berlangsung. Sekitar 250 tempat duduk yang disediakan panitia  tak mampu menampung penonton yang membludak. Sehingga lebih banyak penonton harus berdiri di luar tenda.

"Saya sudah beberapa kali menghadiri pagelaran seni budaya sebagai salah satu metode sosialisasi Empat Pilar, tapi saya penonton di sini lebih banyak," kata Wakil Sesjen MPR Selfie Zaini dalam sambutannya selaku pelaksana pagelaran wayang ini. 

Pemanfaat seni budaya sebagai salah satu metode sosialisasi Empat Pilar, kata Selfie Zaini, dinilai lebih efektif karena banyak sekali penggemarnya. Selain itu, pagelaran seni budaya adalah merupakan  bentuk konkret dari upaya MPR dalam mereaktualisasi seni  budaya tradisional. 

"Pertunjukan wayang kulit  jarang diselenggarakan di desa kami. Karena itu masyarakat kami menyambut sangat antusias pagelaran ini, terutama dari kalangan tua-tua," ungkap Supriyanto, suami Dewi Wulandari Nurul Istiqomah, S.H., Kepala Desa Tlogoagung, yang berperan sebagai penyelenggara pagelaran ini bekerjasama dengan MPR RI.

Bukan hanya itu, pagelaran yang diselenggarakan di desa paling timur di Kabupaten Bojonegoro ini, juga mendatangkan berkah buat para pedagang berbagai jenis makanan dan minuman, serta bermacam-macam mainan anak-anak. Mereka membuka lapak di sisi kanan kiri jalan menuju ke lokasi pagelaran wayang tersebut.  

Pagelaran wayang kulit ini menampilkan lakon "Srikandi. Kridha" dengan dalang Ki Sigit Ariyanto dari Rembang, Jawa Tengah. Dan, acara ini dibuka secara resmi oleh Pimpinan Fraksi PKB MPR Dr. Hj., Anna Mu'awanah ditandai dengan penyerahan tokoh wayang Srikandi kepada dalang Ki Sigit Ariyanto. 

Dr. Anna Mu'awanah dalam sambutannya menyatakan, untuk pagelaran wayang di Desa Tlogoagung ini memang sengaja dipilih lakon Srikandi. Karena, Kepala Desa Tlogoagung yang menjadi tuan rumah pagelaran ini adalah seorang perempuan, maka oleh dalang dipilihlah lakon Srikandi Krida. Alasannya, dalam membangun tatanan desa, kecamatan, kabupaten, atau lain sebagainya harus melibatkan seluruh masyarakat, tanpa pandang bulu.

Dan, wayang, menurut Mu'awanah, mengandung tiga unsur, yaitu: sebagai tontonan, sebagai tuntunan, dan sebagai tatanan berkehidupan. Dan, pagelaran wayang ini sekaligus juga membantu meningkatkan ekonomi masyarakat kecil. Mu'awanah menyaksikan sendiri  banyak pedagang kecil mengais rezeki di arena pagelaran wayang ini. 

Hadir dalam acara pembukaan pagelaran wayang kulit di Desa Tlogoagung ini antara lain:  Wakil Sesjen MPR Dra. Selfie Zaini, Kepala Biro Humas Siti Fauziah, SE., M.M., Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bojonegoro,  dan tamu undangan lainnya.