image

Peluncuran Prangko 4 Pilar MPR RI

Jumat, 29 Maret 2019 18:56 WIB

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) meluncurkan prangko 4 Pilar MPR sebagai salah satu metode untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR. Empat disain prangko yang di-launching melambangkan Empat Pilar MPR, yaitu prangko bergambar sila-sila Pancasila (Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara), prangko bergambar Pembukaan UUD (UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara), prangko bergambar peta Indonesia (NKRI sebagai bentuk negara) dan perangko bergambar lambang Garuda Pancasila (Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara).

Peluncuran prangko 4 Pilar MPR merupakan kerjasama MPR RI dengan Kementerian Kominfo, PT Pos Indonesia, dan Peruri berlangsung di Ruang Delegasi Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (29/3/2019). Hadir dalam peluncuran ini Sekretaris Jenderal MPR Dr. Ma’ruf Cahyono, Direktur Pos Kominfo Ikhsan Baidirus, Kepala SBU Non Uang Peruri Fadel, Kepala Regional IV Jakarta PT Pos Indonesia, Onni Hadiyono. Juga hadir sejumlah blogger dan kalangan filatelis.

Sesjen MPR RI, Ma’ruf Cahyono menyampaikan apresiasi atas peluncuran pranko 4 Pilar MPR. Baru pertama kali Empat Pilar MPR dimasukkan dalam prangko. Peluncuran prangko 4 Pilar MPR ini juga merupakan upaya MPR untuk memasyarakatkan Empat Pilar MPR.

“Segala daya upaya dan cara serta metode kita lakukan untuk terus membumikan dan membunyikan nilai-nilai Empat Pilar MPR. Karena itu, menempatkan Empat Pilar MPR dalam prangko, merupakan sebuah terobosan. Saya bangga sekali dengan prangko Empat Pilar MPR,” katanya.

“Prangko 4 Pilar MPR memiliki makna yang luar biasa. Prangko ini isinya ideologi. Prangko isinya pembukaan UUD, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Prangko yang di dalamnya ada Empat Pilar MPR. Ini sesuai dengan misi MPR mewujudkan metode Empat Pilar MPR agar bisa sampai ke seluruh lapisan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur Pos Kominfo, Ikhsan Baidirus, mengatakan Empat Pilar MPR adalah platform Indonesia berbangsa. “Empat Pilar MPR adalah filosofi berbangsa dan bernegara. Karena itu sangat tepat dan patut diangkat dalam bentuk apa saja untuk memuliakan platform bernegara ini. Salah satunya dalam bentuk prangko,” katanya.

Menurut Ikhsan, prangko menjadi duta bagi bangsa Indonesia ke seluruh dunia. Jadi, prangko sangat bermakna dan memiliki kekuatan strategis. Karena itu proses (usulan) untuk masuk dalam prangko tidak mudah. “Kita sangat selektif baik dalam gambar maupun citra yang hendak disampaikan dalam prangko. Pesan yang disampaikan dalam prangko harus bisa mewakili Indonesia. Karena itu sangat tepat untuk memberikan tempat yang sangat baik, mulia dan terhormat bagi Empat Pilar MPR dalam prangko,” ujarnya.

Dalam laporannya, Kepala Biro Humas MPR RI Siti Fauziah mengatakan selama ini MPR mensosialisasikan Empat Pilar MPR melalui berbagai metode, di antaranya lomba mewarnai untuk siswa SD – SMP, Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR untuk siswa SMA, debat konstitusi, Kemah Empat Pilar, Outbond, Bela Negara untuk kalangan mahasiswa, Training of Trainers untuk dosen perguruan tinggi, dan metode seni budaya. “Prangko 4 Pilar MPR ini merupakan metode baru untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Siti Fauziah menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan berbagai pihak, terutama Sesjen MPR RI, Kominfo, PT Pos Indonesia, dan Peruri. “Sehingga Empat Pilar MPR masuk dalam prangko reguler dan diluncurkan hari ini,” tuturnya.

Ibu Titi, panggilan Siti Fauziah, mengungkapkan prangko 4 Pilar MPR dicetak oleh Peruri dengan teknologi tinggi. Prangko 4 Pilar MPR dicetak dengan bahan kertas uang. Juga dengan pengamanan seperti uang. Dengan sinar UV pada prangko 4 Pilar MPR akan tampak hologram dengan gambar burung garuda dan tulisan Empat Pilar dengan teknologi micro text. Ini membedakan prangko 4 Pilar MPR dengan prangko-prangko biasa lainnya.