image

Percepat Pemulihan Ekonomi Akibat Covid, Fadel Minta Turunkan Bunga Bank Jadi 1 Persen

Selasa, 07 Juli 2020 11:21 WIB

 

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad meminta pemerintah segera membantu pelaku usaha UMKM dengan menurunkan bunga bank hingga 1 persen. Stimulus tersebut akan pemulihan ekonomi akibat Covid-19 berjalan lebih cepat.

&doublequote;Bila pemerintah mau mengambil sikap seperti itu, saya yakin pemulihan ekonomi tidak akan sampai 3 (tiga) tahun seperti yang diprediksikan,&doublequote; katanya saat ‘Diskusi Empat Pilar’ dengan tema ‘Adaptasi New Normal’, di Media Center, Komplek Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (6/7).

Menurutnya, saat ini hampir semua pengusaha dalam keadaan yang sulit dan tidak likuid. Tanpa adaya keberanian dari pemerintah memberi subsidi, maka perekonomian tidak likuid. 

“Bila tidak likuid maka pasti kita akan mengalami kesulitan,” ujarnya. 

Fadel memperkirakan, pemerintah hanya perlu dana Rp 200 triliun untuk menyuntik bunga bank. Namun, perekonomian nasional akan segera pulih dalam waktu singkat. 

Dalam kesempatan itu, eks Ketua Komisi Bidang Keuangan DPR RI itu menceritakan tentang upayanya menurunkan bunga bank dari 22 persen menjadi 11 persen. Dengan penurunan itu, perekonomian bisa lebih cepat bergeliat.

&doublequote;Itu saya yang punya ide. Saat itu harus berbicara dengan Menteri Keuangan dan membahas dengan anggota Komisi XI. Dalam pertemuan-pertemuan yang ada kita dorong agar ada subsidi bunga bank,&doublequote; katanya.

Diungkapkan saat itu pemerintah tidak berani mengeluarkan subsidi untuk bunga bank sebab selama ini yang ada adalah subsidi listrik, subsidi BBM, dan subsidi lainnya. Namun setelah melalui proses akhirnya turun juga subsidi bunga bank sebesar Rp16, 8 triliun. Saat ini bunga bank disebut tinggal sebesar 7 persen.