image

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan :Selamat Hari Koprasi Ke-73

Minggu, 12 Juli 2020 18:06 WIB

 

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Demokrat, Syarief Hasan menyampaikan *harapan dan refleksinya terhadap Koperasi di Indonesia*. Hal ini disampaikan bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional ke-73 yang jatuh pada Minggu (12/7/2020).

Eks Menteri Koperasi dan UMKM di masa SBY ini berharap Koperasi tetap hadir sebagai *lembaga yang mampu menopang perekonomian di Indonesia*.

“Pandemi Covid-19 harus menjadi *momentum persatuan dan Koperasi* di Indonesia. Koperasi harus tetap hadir dan sebagai pioneer ekonomi Rakyat di masyarakat sesuai dengan desain awal Koperasi sebagai *sistem pertahanan di tingkat akar rumput*.”, ungkap Syarief Hasan.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini mendorong agar Koperasi *Tetap menjadi instrumen utama dalam Ekonomi Pancasila*. Ekonomi yang mengedepankan kebersamaan dan loyalitas bersama sebagaimana cita-cita Bapak Koperasi Indonesia Moh. Hatta. “Koperasi harus mewujudkan Ekonomi Pancasila yang *menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia*.”, jelas Syarief Hasan

“Meski kita terbatas dan kesulitan untuk bertemu secara fisik, akan tetapi ikatan sosial di antara kita tidak boleh putus. *Itulah ikatan dan branding baru yang harusnya dibangun oleh Koperasi*. Butuh peran Pemerintah untuk lebih menguatkan posisi Koperasi di Indonesia dan Pemerintah harus tegas melakukan *akselerasi,* persatuan dan kebersamaan mengelola agar Koperasi dapat lebih lebih maju dan tampil lebih kuat dalam *membangun ekonomi bangsa*”, ungkapnya.

Ia pun mendesak Pemerintah agar juga memberikan *perhatian khusus kepada Koperasi* di masa Pandemi Covid-19. “Jangan hanya BUMN, Bank-Bank, dan Lembaga Negara yang diberikan suntikan stimulus ekonomi. *Koperasi pun membutuhkan stimulus* agar bisa berperan lebih besar dalam menghadapi Pandemi.”, tegas Syarief Hasan.
Selamat Hari Koperasi . Maju Koperasi, Maju Indonesia!”, tutup Syarief Hasan