image

Gladi Bersih Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Minggu, 31 Mei 2015 12:31 WIB

Panitia peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni melakukan gladi bersih di alun-alun kota Blitar, Minggu 31 Mei 2015. Gladi bersih diikuti para peraga peringatan Hari Lahir Pancasila.


Peraga peringatan hari Lahir Pancasila di antaranya Paskibraka dari SMA Negeri I, gending karawitan sanggar seni "Suryo Ndhadhari", pembawa gunungan lima. Gladi bersih juga diikuti jajaran sekretariat jenderal MPR RI.


Dalam upacara peringatan hari Lahir  Pancasila (di kota Blitar disebut sebagai "Grebeg Pancasila") pembawa acara akan menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia.


Dari gladi bersih itu, peringatan hari lahir Pancasila diawali dengan karawitan. Kemudian peragaan pembawa gunungan lima bersamaan dengan masuknya komandan upacara ke lapangan.


Kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Dan pembacaan teks Pancasila oleh Wakil Ketua MPR.


Berikutnya ucapan selamat datang dari Walikota Blitar, sambutan wakil  keluarga Bung Karno. Lalu, "goro-goro". Dilanjutkan dengan sambutan Ketua MPR, dan sambutan presiden RI.


Acara selanjutnya peluncuran "Ini Baru Indonesia". Setelah itu Presiden, Ketua MPR, Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri, mantan wakil presiden Boediono, para wakil Ketua MPR, dan pimpinan Lembaga negara menuliskan pesan perilaku "Ini Baru Indonesia".