image

Kepala Biro Humas MPR: Kita Harus Membumikan Pancasila

Senin, 03 Agustus 2015 19:06 WIB

Dihadapan ratusan mahasiswa UIN Raden Fatah, Palembang, Kepala Biro Humas MPR, Ma'ruf Cahyono, dengan tegas mengatakan nilai-nilai Pancasila tak hanya harus dimasukkan dalam sistem tata perundangan-undangan namun Pancasila juga harus diinstitusionalkan, 3 Agustus 2015.


Menurutnya sosialisasi dan implementasi Pancasila kepada masyarakat tak akan terjadi bila tak by design. Dikatakan dulu ada BP7, sebuah lembaga yang mengurusi masalah permasyarakatan Pancasila.


Sekarang ada diskusi dan wacana untuk membentuk sebuah lembaga untuk membumikan Pancasila. Dengan adanya implementasi Pancasila secara massif maka Ma'ruf yakin nanti akan terealisasi situasi ekonomi, politik, dan yang lainnya bersendikan Pancasila.


Dikatakan, sosialisasi Pancasila sudah dilakukan oleh MPR ke berbagai kampus. Bahkan masyarakat mempunyai inisiatif mengundang MPR untuk melakukan sosialisasi. Sekarang banyak komunitas mengundang MPR untuk diskusi tentang Pancasila, ujarnya.


Kepedulian masyarakat kepada Pancasila diakui Ma'ruf karena ada kekhawatiran nilai-nilai Pancasila tak tersampaikan pada generasi muda.


Melemahnya pemahaman masyarakat kepada Pancasila menurut Ma'ruf harus dijadikan pelajaran. Kalau tak ada penerapan Pancasila, kelak bangsa dan negara akan kehilangan norma dan etika.