image

Ketua MPR: Demokrasi Indonesia Bisa Bersaing Dengan AS

Minggu, 16 Agustus 2015 13:57 WIB

Jakarta- Amerika Serikat adalah negara dengan tingkat demokrasi yang paling tinggi di seluruh dunia dan itu semua bisa dimaklumi, sebab proses demokrasi Amerika Serikat sampai seperti sekarang, sudah berjalan sangat lama, sudah ratusan tahun.  Mengalami pasang surut, bahkan melewati perang.

Indonesia adalah negara yang memang sudah 70 tahun merdeka sejak 1945.  Namun, perjalanan demokrasi Indonesia baru berusia 17 tahun terhitung sejak era reformasi terbuka yakni tahun 1998.  Belum bisa dibandingkan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menjawab pertanyaan seorang anggota Kongres AS, dalam audiensi antara delegasi Kongres AS Pimpinan Senator Vern Buchanan dengan Ketua MPR R, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, di Gedung Nusantara III, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Minggu ( 16/8 ), soal perjalanan demokrasi Indonesia yang menurut negara adidaya tersebut masih terdapat beberapa ganjalan di sana-sini.

"Tapi kami bangsa Indonesia sangat bersyukur memiliki ideologi kami yakni Pancasila.  Pancasila mempererat bangsa kami yang sangat berbeda-beda dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Kami bersyukur memiliki para pendiri bangsa kami yang memiliki pemikiran yang sangat maju soal ideologi bangsa, soal konsesus bangsa dan kami yakin demokrasi Indonesia akan menjadi jauh lebih baik dengan Pancasila," tegasnya.

Demokrasi di Indonesia, lanjut Zulkifli, sudah pada jalur yang benar dan memang masih dalam proses untuk kearah lebih baik dan itu memang butuh waktu dan masih ada guncangan-guncangan di sana-sini itu yang akan di perbaiki.  Namun, seiring waktu rakyat akan matang menjalankan demokrasi Indonesia./der