image

Ketua MPR: Rapat Konsultasi Agenda Bersama Lembaga Negara

Rabu, 05 Agustus 2015 18:06 WIB

Jakarta- Perbedaan pendapat antar lembaga-pembaga negara sangat mungkin terjadi dan itu adalah wajar sebab Indonesia adalah negara demokrasi.


Tapi, bila perbedaan pendapat tersebut makin meruncing dan menyentuh hal-hal yang prinsip dan sensitif, maka perlu ada satu forum untuk memecah kebuntuan.


Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan bahwa forum Rapat Konsultasi antar lembaga-lembaga negara adalah forum yang baik untuk membicarakan perbedaan pandangan dan pendapat antar lembaga negara.


"Lembaga-lembaga negara termasuk MPR, DPR, DPD, Presiden, BPK, KY, MK,MA bertemu untuk saling menyamakan visi soal kebangsaan.  Jika ada perbedaan pandangan antar lembaga negara atau kementerian, maka forumnya adalah Rapat Konsultasi," ujar Ketua MPR, usai mengikuti Rapat Konsultasi antar lembaga negara, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu ( 5/8 ).


Adapun pelaksanaannya, lanjut Zulkifli, disepakati bisa dua bulanan atau tiga bulanan.  Tapi, kalau masalah yang perlu dibicarakan sangat mendesak, Rapat Konsultasi bisa disegerakan pelaksanaannya./der