image

Ketua MPR: Telah Disepakati Sidang Tahunan Digelar 14 Agustus 2015

Rabu, 05 Agustus 2015 18:05 WIB

Jakarta- Presiden RI Joko Widodo didampingi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, hari ini, Rabu (5/8), mengundang Ketua lembaga-lembaga negara untuk menggelar rapat konsultasi.  Rapat konsultasi yang berlangsung di Istana Bogor, kota Bogor, Jawa Barat ini membicarakan soal kenegaraan antara lain soal pilkada 2015 dan soal persiapan gelar acara Sidang Tahunan MPR RI pada tanggal 14 Agustus 2015 nanti.  

Hadir dalam rapat konsultasi tersebut Presiden RI dan Wapres, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Setya Novanto, Ketua DPD RI Irman Gusman, Ketua BPK RI Harry Azhar Azis, Ketua MK Arief Hidayat, Ketua Komisi Yudisial Suparman Marzuki, minus Ketua Mahkamah Agung.

Tepat pukul 10.00 WIB, Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima dan menjamu para Ketua lembaga-lembaga negara dan rombongan di ruang utama Istana Bogor. 


Pembicaraan berlangsung serius, terutama soal pemantapan jadwal sidang.


Sebelum bertemu dengan Presiden dan Wakil Presiden, Ketua MPR Zulkifli Hasan dan para Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid dan Oesman Sapta menggelar rapat gabungan, di salah satu ruang rapat Istana Bogor dengan para ketua fraksi MPR RI antara lain, Ketua Fraksi PDIP MPR Ahmad Basarah, Ketua Fraksi PKS MPR TB. Soenmandjaja, Ketua Fraksi Demokrat MPR Guntur Sasono, Ketua Fraksi Hanura MPR Syarifudin Sudding,  Wakil Ketua Fraksi PKB, Sekretaris Fraksi PAN Ali Taher, dan Pimpinan Fraksi Golkar MPR Bambang W Atmanto


Setelah hampir 6 jam berjalannya Rapat konsultasi, akhirnya disepakati Sidang Tahunan MPR RI sendiri,  positif akan di selenggarakan di Ruang Rapat Paripurna atau gedung bulat, kompleks gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, antara tanggal 14 Agustus 2015, dari pagi hari sampai sore.


"Telah disepakati pelaksanaan sidang tahunan hanya satu hari yakni pada tanggal 14 Agustus 2015 dari pagi, siang sampai sore. Agenda utamanya adalah laporan kinerja lembaga-lembaga negara melalui sidang tahunan MPR.  Pembagiannya adalah pidato MPR RI pada pagi hari. Tapi nanti dalam pelaksanaannya yang pada awalnya delapan lembaga yang berpidato, nanti dicukupkan kepala negara saja sementara lembaga negara, yang lain hanya menyampaikan bahannya saja dan mendampingi kepala negara," ungkap Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, usai mengikuti Rapat Konsultasi dengan Presiden dan Wakil Presiden RI, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat./der